Wujud CSR Bakti Pendidikan dari PT Djarum

Wujud CSR Bakti Pendidikan dari PT Djarum

Wujud CSR Bakti Pendidikan dari PT Djarum

Wujud CSR Bakti Pendidikan dari PT Djarum

 

Tahun 2009, genap usia 25 tahun Djarum Bakti Pendidikan

dalam program pemberian beasiswa Djarum. Djarum menyadari bahwa pendidikan adalah sebuah proses sosial dan investasi SDM jangka panjang, sementara dilain pihak banyak anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi terhambat karena kesulitan ekonomi. Diharapkan peran serta PT Djarum berupa program beasiswa dan pengembangan kepribadian yang berkesinambungan dapat menjadi kontribusi yang berguna.

Djarum Bakti Pendidikan merupakan salah satu program CSR

(Corporate Social Responsibilites) PT Djarum mulai dilakukan sejak tahun 1984. Program beasiswa ini merupakan program yang berkesinambungan, yang dimulai sejak awal penyelenggaraannya. Dalam menjalankan kegiatan CSR pendidikan, Djarum bekerjasama langsung dengan pihak perguruan tinggi negeri dan swasta. Hingga tahun 2009 tercatat sudah ada 5886 orang yang menjadi Beswan Djarum (istilah singkatan untuk penerima beasiswa Djarum) yang tersebar di 71 universitas dan di lebih dari 20 provinsi. Salah satu persyaratan untuk mengikuti program Beasiswa Djarum adalah mahasiswa yang sedikitnya memiliki IPK diatas 3 (tiga) pada akhir semester IV, mengikuti tes wawancara, psikotes dan membuat tulisan singkat.

Dalam rangka 25 tahun Djarum Bakti Pendidikan dengan tema

“Come Join Us!” sebuah program komunikasi yang ditujukan kepada masyarakat luas, khususnya mahasiswa berprestasi tinggi yang dapat ikut bergabung. Para peserta yang lolos audisi, selain mendapatkan beasiswa berupa uang saku, kelebihan dari program Beasiswa Djarum adalah pelatihan soft skills dan pengembangan karakter. Diharapkan semakin banyak mahasiswa berprestasi yang mengetahui program Beasiswa Djarum sehingga kualitas dari penerima beasiswa Djarum benar-benar bisa menjadi mahasiswa berpestasi yang membanggakan.
Sekilas mengenai konsep CSR Djarum dikembangkan atas dasar niat baik, wujud tanggung jawab, kepedulian dan kepekaan dalam menjaga keseimbangan antara kegiatan bisnis dengan lingkungan sosial. Djarum memilih 3 bidang peran; Olahraga, Lingkungan dan Pendidikan.

Diharapkan mahasiswa yang menerima program Beasiswa Djarum akan dapat menjawab tantangan menciptakan manusia yang cakap intelektual, emosional maupun spiritual, guna mewujudkan manusia Indonesia mendatang yang tangguh dalam menghadapi setiap problematik yang ditemui dikemudian hari baik ditingkat nasional maupun internasional. Program Pemberian Beasiswa Djarum ini bersifat tidak mengikat untuk nantinya bekerja di PT Djarum, namun kami memberikan kesempatan bekerja kepada Alumni Beswan Djarum bila sesuai dengan kriteria dan kebutuhan perusahaan.

Di tahun ajaran 2009-2010 sekitar 450 mahasiswa

berprestasi tinggi yang akan menerima beasiswa selama 1 (satu ) tahun. Besar uang beasiswa perbulan yang diberikan adalah sebesar Rp. 600.000,- (Enam ratus ribu rupiah) setiap bulannya selama 1 (satu tahun). Diluar itu salah satu keunggulan program beasiswa Djarum yang membedakan dari program beasiswa lain adalah adanya pelatihan soft skills yang diberikan seperti: Outbound, leadership program, practical skills dan entrepreneurship.
Hingga saat ini Program Beasiswa Djarum konsisten dan fokus pada pemberian beasiswa untuk menyelesaikan program S1 (strata satu). Informasi lebih lengkap mengenai program beasiswa Djarum bisa di-klik ke

Sumber : https://pendidikan.co.id/