Tips Bagi Berbicara Dengan Anak Yang Efektif

Tips Bagi Berbicara Dengan Anak Yang Efektif

Untuk mendapatkan cerminan yang lebih nyata mengenai teknik berkomunikasi dengan anak, berikut sejumlah langkah gampang yang dapat dibangun guna berkomunikasi dengan anak secara efektif:

1. Jadilah pendengar yang baik

Untuk menemukan perhatian sarat dari anak, sebelumnya Anda mesti memperhatikan mereka sepenuhnya. Sisihkan masa-masa untuk berkata dengan anak kamu setiap hari, jajaki pahami apa yang hendak dia katakan dan inginkan. Namun, andai Anda tergolong orang yang sibuk dengan pekerjaan, paling tidak pisahkan 1 hari senggang tiap minggu untuk berkata dengannya.

Saat berkata dengan anak-anak, matikan ponsel, komputer, tv atau hal beda yang dapat mengganggu pembicaraan. Tatap matanya saat berkata atau sedang memperhatikan omongannya. Pastikan ia merasa setara dengan Anda. Untuk menciptakan suasana lebih personal dan ia merasa diacuhkan sepenuhnya, pangkulah atau duduklah setara dengannya.

Saat anak Anda merundingkan sesuatu, tidak boleh terburu-buru merespons atau menimpali. Dengarkan dengan baik dan pastikan dia menuntaskan kalimatnya, tunggu hingga dia benar-benar diam baru Anda dapat mulai menyerahkan respons atau jawaban. Dengan begitu, anak Anda bakal merasa benar-benar diacuhkan dan didengarkan. Jika anak mogok bicara sebab suatu hal, bersabarlah dan tetap usahakan guna bertanya kepadanya.

2. Tunjukkan bila Anda tertarik

Sempatkanlah guna menanyakan sehari-hari anak Anda, meskipun terkadang jawaban mereka tak masuk akal. Dengan begitu, mereka bakal merasa diacuhkan dan dekat dengan Anda. Namun, pastikan guna mempersiapkan diri untuk memperhatikan jawaban Anak Anda. Jangan bertanya mengenai kesehariannya andai Anda sedang sibuk.

Cara terbaik guna menunjukkan bila Anda memperhatikan jawabannya ialah dengan mengulang omongannya. Dengan begitu, ketika Anda salah paham, anak kamu akan dapat mengkoreksi dan meluruskan perkataannya.

Jika anak Anda merundingkan tentang kesukaannya atau hobinya, ikutlah tercebur ke dalam kegiatan hobi tersebut. Saat dia suka menyaksikan serangga, bawa dia ke perpustakaan atau belikan kitab pengetahuan mengenai serangga. Tetap tersingkap terhadap segala ucapan Anak kita dan ajak diskusi mengenai hal yang boleh dilaksanakan dan jangan dilakukan, lantas tanya pendapatnya.

3. Berikan batasan yang jelas terhadap yang boleh dan jangan dilakukan

Saat berkata dengan anak, berikan batasan yang jelas terhadap yang boleh dan jangan dilakukan. Dengan menyerahkan batasan, anak Anda bakal berlatih guna bersikap sopan, namun tidak boleh lupa guna memberikan dalil kenapa anak kamu tidak boleh mengerjakan suatu hal.

Misalnya, ketika anak kamu bermain dengan kabel listrik, larang dengan tegas kemudian sampaikan kenapa bermain dengan kabel listrik berbahaya. Dengan begitu, anak kamu akan belajar apa yang berbahaya untuk mereka. Jika anak menangis dan marah, dekatilah dan bicara pelan-pelan.

4. Berbicara secara setara

Berapa pun usia anak anda, berbicaralah dengan sopan dan sesuaikan dengan usia mereka. Dengan memperlakukan anak kamu setara dengan Anda, mereka bakal belajar untuk mengerjakan hal yang sama untuk orang beda dan rekan sebayanya. Jangan lupa bila komunikasi tidak melulu berbicara, namun pun mendengarkan, memakai bahasa tubuh dan pun kasih sayang.

Sumber : http://www.pennfoster.edu/urm.aspx?source=Q346161&url=https://www.pelajaran.co.id