Tips Bagi Anak Susah Makan

Tips Bagi Anak Susah Makan

Untuk menanggulangi masalah susah santap pada anak, orang tua mesti tidak banyak lebih ‘cerdik’ dikomparasikan anak. Berdasarkan keterangan dari sejumlah pakar, terdapat trik tertentu supaya anak bisa melahap makanan yang sudah disediakan.

Berikut sejumlah trik yang patut diusahakan oleh orang tua yang mempunyai masalah anak sulit makan.

1. Perkenalkan variasi makanan secara perlahan

Di umur dua tahun, anak mulai bisa makan sekian banyak jenis makanan laksana orang dewasa. Tetapi mereka butuh waktu supaya terbiasa dengan sekian banyak tekstur dan rasa pelbagai makanan.

Orang tua bisa memperkenalkan pelbagai jenis makanan itu secara perlahan. Misalnya, lumayan sediakan satu jenis makanan yang merangkum sayuran dan protein dalam satu hingga dua hari. Hal ini dilakukan supaya lidahnya terbiasa dengan jenis makanan tersebut.

Biasanya anak tidak inginkan makan sebab belum terbiasa atau tidak mengenal jenis makanan yang bakal dimakan.

2. Sediakan makanan dalam porsi kecil

Kadang anak tak mau makan sebab melihat porsi makanan di piring yang dirasanya terlampau banyak. Cobalah sediakan makanan dalam jumlah porsi sedikit. Apabila anak masih lapar, dia bakal meminta tambah.

Penting disalin bahwa lambung anak umur dibawah 5 tahun masih kecil sampai-sampai orang tua butuh memberi makanan pada anak tidak banyak demi sedikit.

3. Ajak anak tercebur dalam proses penciptaan makanan

Trik satu ini biasa dipakai pada anak yang melulu ingin memakan satu jenis makanan saja. Biasanya sebab sang anak telah mengejar makanan favoritnya dan tak mau makan yang lain. Ajaklah buah hati kita untuk mengekor proses penciptaan makanan, mulai dari melakukan pembelian barang bahan makanan di pasar atau supermarket, ketika memasak dan proses penghidangan di meja makan.

Saat berbelanja, berikan peluang pada anak guna memilih jenis sayur dan buahan yang bakal dibeli. Misalnya orang tua meminta anak memilih dua jenis sayuran dan dua jenis buahan guna kemudian diubah ketika mendarat di rumah.

4. Hindari ancaman dan hukuman ketika anak tidak inginkan makan

Banyak orang tua tidak jarang tidak sabar saat menyaksikan anak sulit makan. Tetapi praktik memarahi atau menakut-nakuti bukan urusan yang baik guna psikologis anak, sebab si anak bakal merasa bahwa masa-masa makan ialah saat yang tidak menyenangkan.

5. Variasi penyajian makanan

Presentasi makanan pun dapat memprovokasi nafsu santap anak. Sajikanlah makanan yang sarat nutrisi dengan tampilan lebih menarik. Hal ini akan menciptakan waktu santap si buah hati lebih menyenangkan.

Orang tua pun dapat menuangkan naluri kreativitasnya di atas makanan si kecil. Misalnya dengan mencetak nasi goreng dalam format hati atau laksana boneka beruang, atau mencetak nasi dengan format bulat, lantas menaruh kacang-kacangan di atasnya laksana mata dan bihun guna rambutnya, sampai-sampai nasi bihun itu akan nampak laksana boneka.

sumber : http://www.onlinefussballmanager.de/forward.php?tid=143371&url=www.pelajaran.co.id