sumber sejarah kerajaan demak

kerajaan Demak

1.1 Letak kerajaan

Merupakan kerajaan Islam pertama di pulau Jawa. Terletak didaerah Jawa Tengah, tetapi pada awalnya kemunculan kerajaan Demak mendapat bntuan dari para bupati daerah pesisir jawa tengah dan jawa timur yang telah menganut agama islam
1.2 Kerajaan politik
· Raden patah, memerintah di Demak dari tahun 1500-1518 M.
· Adipati Unus, memerintah di Demak dari tahun 1518-1521 M.
· SultanTrenggana, memerintah di demak dari tahun 1521-1546 M.
1.3 Kehidupan Ekonomi
· Sebagai kerajaan Maritim, Demak menjalankan fungsinya sebagai pengubung dan transito antara daerah penghasil rempah-rempah di Indonesia.
· perekonomian kerajaan Demak berkembang dengan pesat dalam dunia maritin karena didukung oleh penghasilan dalam bidang agraris yang cukup besar.
1.4 Kehidupan sosial
· Kehidupan sosial kerajaan Demak tidak jauh berbeda dengan kehidupan sosial pada masa sebelumnya.
· Hanya pada masa kekuasaaan Demak , kehidupan masyarakat telah diatur oleh aturan-aturan atau hukum-hukum yang berlaku dalam ajaran Islam,tetapi begitu saya meninggalkan tradisi lama,sehingga muncullah sistem kehidupan sosial masyarakat yang telah mendapat pengaruh Islam

1.5 Kehidupan Budaya
Ketika kerajaan Demak berkuasa,ajaran Islam di budaya berkembang dengan pesat karena mendapat dukungan para wali atau sunan.
· Di antara para wali atau sunan yang aktif di Demak adalah sunan Kalijaga,yaitu banyak memberi saran sehingga Demak menjadi semacam negara Theokrasi,yaitu negara atas dasar agama.
· Salah satu bukti peninggalan sejarah kerajaan Demak adalah masjid Demak,yang terkenal salah satu tiang utamanya terbuat dari pecahan kayu yang disebut sokotatal di pendopo masjid .Demak sunan kalijaga meletakan dasar-dasar keletakan sekaten.Dengan tujuan memperoleh pengikut agama Islam dan tradisi itu masih ada di cirebon
1.6 Keruntuhan Demak
· Setelah wafatnya sultan trenggana,terjadi perebutan kekuasaan di kerajaan Demak,antara pangeran sekar seda ing lepen dan sunan prawoto.
· Pangeran sekar seda ing lepen dibunuh oleh utusan sunan prawoto.
· Putra sekar ing lepen yang bernama arya penang sang dan jipang menuntut bales kematian ayahnya dengan membunuh sultan prawoto.
· Selain membunuh sultan prawoto,arya panang sang juga membunuh pangeran hadiri . Pangeran hadiri dianggap sebagai penghalang arya penangsang untuk menjadi sultan Demak selanjutnya arya penangsang di bunuh oleh ki jaka tingkir yang di bantu oleh kiayi paman nahan

RECENT POSTS