Soal Bosda, Ini Sikap LP Maarif Kabupaten Malang

Soal Bosda, Ini Sikap LP Maarif Kabupaten Malang

Soal Bosda, Ini Sikap LP Maarif Kabupaten Malang

Soal Bosda, Ini Sikap LP Maarif Kabupaten Malang

Lembaga Pendidikan Maarif (LP Maarif) PCNU Kabupaten Malang bersikap tegas soal dana bantuan

operasional pendamping pada sekolah (Bosda). Bahwa pada dasarnya, pendidikan adalah hak semua warga negara Indonesia tanpa terkecuali.

Maka dari itu, Pemerintah wajib menyelenggarakan Pendidikan bagi setiap Warga Negaranya. Pendidikan dasar 9 tahun adalah jenjang pendidikan yang diatur sebagai kewajian negara (baca pemerintah) .

“Dengan kewajiban pemerintah tersebut dalam menyelenggarakan pendidikan dasar,

maka pemerintah tidak boleh mendikotomikan antara Pendidikan dasar Negeri dan Swasta, antara Sekolah dan Madrasah, semua harus diperlakukan sama, baik dari sisi kebijakan, manajemen pemerintah maupun penganggarannya,” tegas Ketua LP Maarih PCNU Kabupaten Malang, Hasan Abadi, melalui siaran persnya, Senin (28/1/2019).
Baca Juga:

35.643 Siswa SMP di Jember Ikuti UNBK
Kembangkan SMA/SMK, Pemprov Beri Pengurangan Pajak Perusahaan Mitra
Polije Dorong Revolusi Industri 4.0 untuk UMKM
Wali Kota Mojokerto Canangkan Kawasan Pendidikan di Kelurahan Ini

Kata Hasan yang juga Rektor UNIRA Malang itu, dari sisi penganggaran sementara ini

ada ketimpangan isu, antara pendidikan dasar atau sekolah yang berada dibawah Kemendikbud yang masuk dalam kewenangan otonomi daerah. Sehingga mendapat kucuran anggaran baik dari Pusat maupun daerah, dengan madrasah yang karena masuk dalam Kementerian Agama, dimana urusan agama tidak masuk dalam kewenangan otonomi daerah

“Persoalan ini madrasah seakan-akan tidak punya hak sama sekali untuk mendapat anggaran dari daerah, meski pada dasarnya, siswanya berada di daerah,” terang Hasan.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka Lembaga Pendidikan Maarif NU Kabupaten Malang, dalam bidang pendidikan mendukung penuh Pemerintah Kabupaten Malang dalam memformulasikan dan mengimplementasikan Penyaluran BOSDA sebagai Bantuan Operasional Pendamping pada sekolah dan Madrasah di Wilayah Kabupaten Malang.

 

Baca Juga :