Semangat LPMP Kalimantan Selatan dalam Membangun Unit Layanan Terpadu

Semangat LPMP Kalimantan Selatan dalam Membangun Unit Layanan Terpadu

Semangat LPMP Kalimantan Selatan dalam Membangun Unit Layanan Terpadu

Semangat LPMP Kalimantan Selatan dalam Membangun Unit Layanan Terpadu

Kemendikbud — Unit Layanan Terpadu (ULT) Kementerian Pendidikan

dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan kunjungan ke Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Selatan untuk melihat kesiapan LPMP dalam membangun ULT di daerah. Kunjungan tersebut berlangsung selama tiga hari, yaitu 3 s.d 5 Mei 2018.

Kunjungan ULT Kemendikbud ke LPMP tidak hanya untuk mengetahui sejauh mana kelengkapan perangkat yang mesti dimiliki dalam membangun ULT, namun juga untuk memotret aktivitas layanan yang berlangsung. “Kami datang dalam rangka mendukung penyempurnaan dari ULT yang dibangun ini dengan berpedoman pada Panduan Pembentukan ULT yang telah disusun oleh Tim ULT Kemendikbud,” ujar Kasubag Layanan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Darmawan Wicaksono, mengawali paparan di hadapan pejabat dan petugas layanan ULT di LPMP Kalsel.

Kepala Seksi Bagian Umum LPMP Kalsel, Sucipto, mengungkapkan, ditunjuknya beliau

sebagai seksi yang menaungi ULT di LPMP merupakan kebanggaan sekaligus tantangan tersendiri. Tantangan untuk membangun ULT disikapi beliau sebagai peluang untuk segera meninjau ULT Kemendikbud dan ULT di LPMP Jawa Tengah secara langsung pada Bulan Maret lalu. “Sesampainya kami di LPMP Kalsel, kami langsung praktikkan dan bangun ULT di sini,” katanya bersemangat.

Pria yang sempat menjadi widyaiswara ini mengakui tampilan ULT di LPMP

masih sederhana dan belum sempurna. “Saat ini petugas ULT yang sudah masuk SK berjumlah tujuh orang namun keterbatasan jumlah pegawai yang tersedia, tidak menyurutkan komitmen kami untuk memberikan layanan terkait NUPTK, tunjangan, Dapodik, kurikulum 2013, Data Mutu Pendidikan, serta permohonan informasi dan pengaduan,” lanjutnya. Terakhir ia mengingatkan petugas ULT di LPMP dapat memanfaatkan kedatangan Tim ULT Kemendikbud dengan sebaik-baiknya. (Denty Anugrahmawaty)

 

Sumber :

http://www.macrothink.org/journal/index.php/ajfa/comment/view/11810/10136/10716