Sejarah Masuknya Email di Indonesia dan Proses Perkembangannya

Sejarah Email di Indonesia

Sejarah email di Indonesia bertepatan dengan masuknya teknologi internet itu sendiri. Anda bisa melihat keberadaan jaringan internet dalam artikel-artikel berbahasa Indonesia di beberapa media. Contohnya adalah “Internet Biaya Rendah Menggunakan Radio” di Kompas edisi November 1990.

Jika dikejar lebih lanjut, Internet Indonesia masuk jauh sebelum menyusun artikel Kompas. Kemampuan untuk memasuki Internet dari tahun 80-an. Sekitar tahun 1988, pengguna internet di Indonesia menggunakan CIX di Inggris dan Compuserve, yang dibuat di Amerika Serikat untuk mengakses Internet.

CIX menyediakan layanan email dan newsgroup, kemudian menyediakan HTTP dan FTP. Compuserve juga tiga perempat uang pada tahun 1989, menawarkan layanan serupa. Pengguna internet sekarang menggunakan modem 1200 bps dan menggunakan saluran telepon internasional yang sangat mahal.

Compuserve sedikit berbeda, menggunakan modem yang didistribusikan ke gateway internet yang berbasis di Jakarta. Alamat Internet Protocol (IP) pertama di Indonesia adalah UI-NETLAB (192.41.206 / 24) yang didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988.

Pada tahun 1994, Penyedia Layanan Internet (ISP) pertama muncul di Indonesia, IndoNet. Setelah tahun-tahun ini, Internet di Indonesia telah berkembang pesat, sehingga hari ini kita dapat menikmati internet murah di rumah.

email di Indonesia

Perkembangan Email

Kemudian pertanyaannya adalah: kapan email pertama muncul atau apakah sejarah email dimulai di Indonesia?

Dalam artikel berjudul “Kisah awal penggunaan milis di Indonesia, Rahmat M. Samik Ibrahim mengatakan bahwa pada 1980-an ada skenario yang bisa mengirim pesan atau email ke semua staf di University of Computer Science Center Indonesia (PUSILKOM UI), menggunakan data umum berdasarkan Advanced Operating System / Virtual Storage (AOS / VS), dan ada beberapa catatan tentang beberapa akademisi IU, yaitu Johny Moningka dan Jos Luhukay pada tahun 1983, mengembangkan pesan Unix dan Ethernet. Email Indonesia, meskipun tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa dunia bisnis Indonesia telah menggunakan email dalam pekerjaan mereka jauh sebelum itu.

Perkembangan Email di Indonesia

Pada 1980-an hingga akhir 1990-an, milis sangat populer bagi banyak orang. Daftar email digunakan untuk sarana komunikasi siswa di luar negeri dan sarana komunikasi berbagai komunitas di Indonesia. Daftar alamat ini seperti jejaring sosial pada masanya sendiri. Milis adalah grup obrolan internet.

Seseorang dapat berlangganan dan berpartisipasi dalam diskusi. Ada alamat email khusus yang ketika Anda mengirim pesan ke alamat itu, pesan Anda akan dialihkan ke semua anggota milis. Tentu saja, maraknya milis membuktikan bahwa penggunaan e-mail sedang booming di Indonesia saat itu.

Sayangnya, penelitian lebih lanjut tentang siapa yang pertama kali menggunakan e-mail kepada siapa itu dikirim, dan konten apa yang tidak pernah dilakukan.

Sumber : Https://www.videomax.co/