Sampah Musuh Sejati

Sampah Musuh Sejati

Sampah Musuh Sejati

Sampah Musuh Sejati

Banjiiir!!!! Banjiiiirrrr!! itulah kata-kata yang sering kita dengar diwaktu musim hujan kemarin, kota Jakarta seakan sudah akrab dengan banjir yang sering terjadi, tak peduli hujan dengan intensitas kecil maupun besar. Padahal jaman dahulu kota Batavia (sekarang Jakarta) tidak ada yang namanya banjir.

 

Dibalik suatu akibat pastilah ada penyebab, begitupun dengan kondisi banjir di kota metropolitan ini. Pembangunan gedung-gedung bertingkat di daerah resapan hijau, pengaspalan jalan maupun pembangunan rumah dibantaran kali. Itu semua adalah penyebab banjir, tetapi yang paling berpengaruh terhadap banjir di ibukota adalah SAMPAH .

 

Kenapa saya anggap sampah sangat berpengaruh terhadap banjir di ibukota? Ya, coba kita renungkan sejenak. Mungkin banjir bisa diatasi dengan mengurangi pembangunan gedung-gedung bertingkat, pengaspalan jalan maupun pembangunan rumah dibantaran kali. Tetapi jika itu semua sudah dapat diatasi oleh pemerintah dan masih banyak sampah yang berserakan dijalanan sehingga menyumbat saluran air / gorong-gorong, hal itu sama aja tidak memecahkan masalah banjir karena itu bisa membuat air tetap meluap walaupun pemerintah sudah melakukan penanggulangan seperti yang disebutkan diatas.

 

Oleh karena itu alangkah baiknya kita sebagai warga negara yang baik ikut membantu pemerintah dengan menanamkan sifat “Buanglah Sampah Pada Tempatnya” pada diri kita masing-masing, minimal kita melakukan ini pada lingkungan disekitar kita seperti dirumah. Tindakan seperti itu 100% lebih baik daripada kita hanya mengeluh, mengeluh dan mengeluh pada pemerintah kita. Ingat saudara-saudara pemerintah juga hanya manusia biasa sama seperti kita yang terbatas kemampuannya, janganlah kita melimpahkan segala sesuatu kepada pemerintah. Jika diibaratkan dengan peribahasa kita seperti “Melempar batu sembunyi tangan”.

 

Mungkin hanya itulah unek-unek yang saya sampaikan, semoga tulisan yang sangat singkat dan padat ini dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya. Ingat selalu “Buanglah Sampah Pada Tempatnya”

Sumber : https://downloadapk.co.id/