Saluran Penyebaran Agama Islam di Indonesia

Saluran Penyebaran Agama Islam di Indonesia

Saluran Penyebaran Agama Islam di Indonesia

Saluran Penyebaran Agama Islam di Indonesia

Masuknya agama Islam/proses islamisasi di Nusantara melalui beberapa cara/saluran yakni sebagai berikut;

a. Saluran Perdagangan

Di mulai dari abad ke-7 para pedagang muslim dari Gujarat/India, Arab, & Persia telah ikut ambil bagian dalam kegiatan perdagangan di Nusantara. Hal tersebut berarti telah terjadi hubungan masyarakat Nusantara dengan para pedagang Islam. Hal tersebut akan melahirkan keluarga muslim, kemudian berkembang menjadi masyarakat muslim, perkampungan muslim, & seterusnya.

b. Saluran Perkawinan

Para pedagang Islam mempunya status ekonomi yang lebih baik, sehingga itu membuat penduduk Nusantara, putri bangsawan menjadi tertarik kepada para pedagang Islam. Hal itu melahirkan keluarga muslim, berkembang menjadi masyarakat muslim, perkampungan muslim & seterusnya.

c. Saluran Pendidikan

Para ulama, guru-guru agama, & para Kiai mendirikan pondok pesantren yang mendidik para santri mengenai agama Islam. Sehingga setelah selesai mereka pulang ke kampung halamannya untuk berdakwah menyebarkan agama Islam kepada masyarakat sekelilingnya.

d. Saluran Kesenian

Penyebaran agama Islam melalui kesenian dapat dilakukan dengan  pertunjuk seni gamelan, yang bisa mengundang masyarakat untuk berkumpul & kemudian dilaksanakan dengan dakwah-dakwah keagaman.

e. Saluran Tasawuf

Tasawuf adalah ajaran ketuhanan yang sudah dicampur dengan mistik-mistik magis. Pada ahli tasawuf umumnya memiliki keahlian yang bisa membantu kehidupan masyarakat, di antaranya ahli dalam penyembuhan penyakit. Tokoh-tokoh tasawuf yang berperan dalam penyebaran agama Islam antara lain Sunan Bonang, Syekh Siti Jenar, Hamzah Fansuri & lainnya.
Baca Artikel Lainnya: