Rumus Kimia Monosakarida

Monosakarida adalah senyawa karbohidrat paling sederhana dalam bentuk gula. Beberapa monosakarida manis. Sifat umum monosakarida adalah padatan yang larut dalam air, tidak berwarna dan kristalin. Contoh monosakarida adalah glukosa (dekstrosa), fruktosa (levulosa), galaktosa, xilosa, dan ribosa. Monosakarida adalah senyawa pembentuk disakarida (seperti sukrosa) dan polisakarida (seperti selulosa dan pati).

Monosakarida

diklasifikasikan berdasarkan jumlah atom karbon yang dikandungnya (triosa, tetrosa, pentosa, heksosa, dan heptosa) dan kelompok aktifnya dan dapat berupa aldehida atau keton. Kemudian akan bergabung, misalnya, aldohexose dan ketotriosa.

Selain itu, setiap atom karbon (tidak termasuk kedua ujungnya) yang melekat pada gugus hidroksil aktif secara optik, dan bahkan jika struktur dasarnya sama, beberapa karbohidrat berbeda diproduksi. Misalnya, galaktosa adalah aldoheksosa, tetapi karena susunan atom yang berbeda, ia memiliki karakteristik yang berbeda dari glukosa.

Monosakarida linier

Monosakarida sederhana memiliki rantai karbon lurus dan tidak bercabang dengan satu gugus karbonil fungsional (C = O) dan satu gugus hidroksil (OH) pada setiap atom karbon yang tersisa. Oleh karena itu, struktur molekul monosakarida sederhana dapat ditulis sebagai H (CHOH) n (C = O) (CHOH) m H. Di sini, n + 1 + m = x. Dalam hal ini, rumus elemen adalah

C x H 2 x O x.

Sifat fisik

Sebagian besar tidak berwarna, kristal padat (manis).
Konstruksi

Kecuali untuk beberapa pengecualian (seperti gula deoksiribosa atau amino), monosakarida memiliki formula kimia umum.

(CH2O) n

Monosakarida mengandung salah satu gugus fungsi keton atau aldehida.
Struktur siklik

Cara umum untuk menampilkan struktur siklik monosakarida adalah dengan menggunakan metode proyeksi Haworth.
Lawan jenis

Sistem D yang umum digunakan, L.
Tata nama

Monosakarida yang mengandung gugus aldehida diklasifikasikan sebagai aldosis dan yang mengandung gugus keton disebut ketosis.
reaksi

Pembentukan asetal

Struktur dan nomenklatur (penamaan)

Dengan beberapa pengecualian (misalnya deoksiribosa), monosakarida memiliki rumus kimia umum C x (H 2 O) y dan x adalah minimum 3. 4), pentosa (5), heksosa (6), heptosa (7) dan seperti.

Jenis monosakarida yang paling penting, glukosa adalah heksosa. Contoh heptosa adalah manoheptulosa ketosa dan sedoheptulosa. Monosakarida dengan atom karbon kurang dari 8 ditemukan karena tidak seimbang.

Contoh lainnya

  1. triosa: gliseraldehida dan dihidroksiaseton
  2. Tetrosea: eritema
  3. Pentose: Recoose, ribose, deoxyribose
  4. Hexose: idose, glukosa, fruktosa, galaktosa

Sumber : https://rumusbilangan.com/