Puluhan Siswa Dikenalkan Teknis Perkapalan

Puluhan Siswa Dikenalkan Teknis Perkapalan

Puluhan Siswa Dikenalkan Teknis Perkapalan

Puluhan Siswa Dikenalkan Teknis Perkapalan

Puluhan siswa dan guru perwakilan dari SMA/SMK beberapa kota/kabupaten di Jawa Timur

diberikan pengenalan oleh Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya mengenai teknis kapal, Selasa (23/4/2019). Para siswa dan guru diberikan kesempatan naik dan berkeliling di atas KN Bung Tomo, kapal latih Poltekpel Surabaya.

Nakhoda KN Bung Tomo, Capt I’ie Suwondo menyampaikan, dirinya memperkenalkan alat-alat keselamatan yang ada di kapal. Yakni tata cara kerja di kapal, baik itu pemakaian helm pada waktu kerja, life jacket (pelampung) dan tata cara pada waktu kegiatan di anjungan.

Kemudian juga dikenalkan sistem dan cara mengemudikan kapal.

“Selain itu juga dikenalkan alat AIS (automatic identification system) untuk mengetahui nama-nama kapal lain, tujuannya mau kemana, dari mana, jumlah krunya berapa, di alat itu ada semua. Termasuk alat komunikasi radio untuk berkomunikasi dengan kapal lain. Biasanya di channel 16 untuk internasional,” papar dia.

Di anjungan, lanjut Suwondo, ada juga alat untuk menetahui berita cuaca, peta rute perjalanan kapal dari pelabuhan asal ke pelabuhan, tujuan jalurnya ada semua. “Setelah mereka tahu secara riil peralatan di atas kapal ini, mereka bisa masuk ke poltekpel dan menjadi seorang perwira kapal,” harap dia.

Di kesempatan sama, Chief Engineer (Kepala Kamar Mesin) Yohan mengatakan, hal penting yang perlu diketahui ketika mau masuk ke ruang mesin harus mengutamakan safety (keselamatan). Seperti pakaian, helm, dan pelindung telinga, karena di kamar mesin itu harus aman.

“Ada dua mesin yang jalan, yakni generator dan mesin penggerak utama.

Apa fungsinya, bagimana cara menghidupkannya. Mesin penggerak utama itu yang menjalankan kapal, tapi itu semua didukung dengan permesinan bantu yang ada seperti pompa-pompa dan purifier untuk menunjang kinerja mesin penggerak utama,” ungkap dia.

Menurut Yohan, sistem kelistrikan di KN Bung Tomo bersumber dari generator di kamar mesin dan menggunakan penggerak propeler. Secara umum yang penting adalah alat keselamatan, karena banyak bahan bakar di kamar mesin

“Diharapkan mereka jadi terbuka dan lebih mengetahui tentang poltekpel dan berminat untuk belajar di poltekpel. Mungkin ini pengalaman pertama naik yang besar, bahkan sebagai pengalaman pertama,” kata dia.

 

Sumber :

https://s.id/8909H