Perlu Sosialisasi Penggunaan Benzodiazepine

Perlu Sosialisasi Penggunaan Benzodiazepine

Perlu Sosialisasi Penggunaan Benzodiazepine

Perlu Sosialisasi Penggunaan Benzodiazepine

BANDUNG-Benzodiazepine atau yang lebih dikenal

dengan sebutan obat penenang, adalah jenis psikotoprika yang paling banyak diresepkan di dunia, termasuk di Indonesia.

Namun obat ini sering diresepkan secara tidak rasional dan tidak sesuai aturan sehingga sering disalahgunakan, yang bisa berakibat seseorang lupa dengan semua yang sudah dilakukannya termasuk melanggar hukum.

Oleh karenanya menurut Ketua Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad), Bambang Setiohajo, perlunya sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat manfaat dan bahayanya mengkonsumsi obat tersebut bagi kesehatan jiwa.

Yang perlu adalah kesadaran kita, kita jangan terlibat

dan ini tugas kita bersama karena ini masalah sosial jadi kita bertanggungjawab semua, kita bersama komunitas perlu sosialisasi ini, saya kira ini salah satu bentuk pencegahan,” ucapnya.

Menurut Bambang, di Fakultas Kedokteran Unpad, pihaknya juga membekali para mahasiswa untuk mengetahui bagaimana mengenal adiksi dan bagaimana mencegah pembelian resep yang berlebihan.

“Dipendidikan kita memberikan pemahaman kepada mahasiswa

bagaimana mengetahui adiksi dan mencegah pembelian yang berlebihan karena kadang-kadang kita tidak kontrol,” kata Bambang, kepada wartawan dalam Simposium dan Workshop Benzodiazepin, di Hotel Aston Primera, Sabtu (01/10)

 

Sumber :

http://forum.detik.com/jaringan-tumbuhan-t2044969.html