Peninggalan Sejarah Bercorak Islam di Indonesia

Peninggalan Sejarah Bercorak Islam di Indonesia

Peninggalan Sejarah Bercorak Islam di Indonesia

Peninggalan Sejarah Bercorak Islam di Indonesia

1. Dalam Bidang Arsitektur

a. Keraton

Keraton adalah tempat yang menjadi pusat kekuasaan & kegiatan yang berkaitan dengan urusan pemerintahan. Keraton juga merupakan tempat tinggal Sultan & anggota keluarganya. Keraton yang merupakan peninggalan sejarah masa kerajaan Islam di Indonesia, misal; Keraton Yogyakarta, Keraton Surakarta, serta Keraton Kasepuhan & Kanoman.
Ciri-ciri dari bangunan keraton;

b. Masjid

Berbagai masjid peninggalan masa kerajaan Islam di Nusantara, misal; Masjid Demak, & Masjid Menara Kudus di Jawa Tengah, Masjid Sunan Ampel di Jawa Timur, Masjid Agung Cirebon di Jawa Barat, serta Masjid Indrapura & Masjid Baiturrahman di Aceh.
Ciri-ciri masjid pada masa kerajaan Islam di Indonesia;
  • Atap bangunan masjid umumnya berbentuk tumpang
  • Denah masjid berbentuk bujur sangkar
  • Umumnya memiliki serambi
  • Letaknya di pusat kerajaan, umumnya disebelah barat alun-alun yang ada di depan keraton.

c. Makam

Makam adalah tempat untuk mengubur orang yang sudah meninggal. Peninggalan sejarah bercorak Islam yang berupa makam umumnya memilik nisan & jirat/kijing.

2. Kesusasteraan

Peninggalan sejarah yang bercorak Islam di Indonesia, berupa karya sastra yang beragam. Kesusasteraan itu tertuang dalam bentuk suluk, hikayat, babad, & syair.

3. Kesenian

Pengaruh Islam menyebar & berkembang di Indonesia nyatanya juga membawa pengaruh & perubahan dalam kesenian & tradisi di Indonesia, misal; adanya peninggalan yang berupa kaligrafi, wayang & sebagainya.