Penggunaan cermin dalam kehidupan sehari-hari

Penggunaan cermin dalam kehidupan sehari-hari

Penggunaan cermin dalam kehidupan sehari-hari

Penggunaan cermin dalam kehidupan sehari-hari

  1. Cermin datar

Pada cermin datar, bayangan yang terbentuk sama besar dengan benda tetapi berkebalikan arah kanan-kirinya. Jika anda memiliki almari besar dengan cermin bagian depannya, anda dapat bercemin dan menemukan bayangan anda sama persis dengan anda tetapi terbalik kanan-kirinya. Andaikan anda berdiri di depan cermin yang cukup lebar, berapakah tinggi minimal cermin agar anda dapat melihat seluruh tubuh anda? Jawabannya adalah anda dapat melihat keseleruhuan tubuh anda jika tinggi cermin minimal setengah dari tinggi tubuh anda.

  1. Cermin cekung

Cermin cekung dapat menghasilkan bayangan yang lebih besar daripada benda aslinya. Cermin jenis ini biasa di gunakan sebagai cermin rias, sifat cermin cekung yang memfokuskan sinar juga dapat digunakan unrtuk memasak dengan bantuan sinar matahari. Dalam memasak menggunakan sinar matahari ini, panci masak di letakkan di titik fokus cermin cekung sehingga matahari yang menuju cermin cekung akan di fokuskan ke panci tersebut.

 

  1. Cermin cembung

Cermin cembung dapat menghasilkan bayangan yang lebih kecil daripada benda aslinya. Cermin cembung di gunakan di toko-toko swalayan sebagai cermin pengawas. Cermin pengawas tersebut dapat menghasilkan bayangan dari area yang lebih luas daripada cermin datar maupun cermin cekung.

Cermin cembung juga di gunakan pada spion mobil. Kaca spion yang menggunakan cermin cembung dapat menghasilkan gambar dari area yang relatif lebih luas di bandingkan cermin cekung ataupun cermin datar. Seperti sifat cermin pada umumnya, bayangan pada cermin cembung juga berkebalikan kanan kirinya. Pernahkah anda memperhatikan tulisan di bagian depan mobil ambulans ? di situ biasanya tertulis ambulans atau ambulance secara terbalik kanan-kirinya. Mengingat sifat cermin, pada spion mobil di depan ambulans tersebut akan terbaca tulisan secara benar, tidak lagi terbalik sehingga mudah di baca.

Fenomena Sifat Cermin

Secara alami, fenomena sifat cermin dapat anda temukan di kolam yang berisi air jernih yang tenang. Permukaan air akan berperilaku seperti permukaan cermin yang memantulkan sinar dan menampilkan bayangan benda-benda yang berada di atasnya.

Menurut hukum snellius tentang pemantulan, menyatakan bahwa sudut datang sinar sama dengan sudut pantulnya. Hukum ini ternyata memiliki analogi nyata dalam permainan karambol dan biliar.

  kegunaan cermin cekung di kehidupan sehari2 kayaknya belum begitu dimanfaatkan masyarakat. Paling untuk pemantul sinar matahari ke solar sel dan sebagai pemfokus sinar pada senter.

untuk cermin cembung biasa digunakan untuk kaca spion mobil/motor dan cermin tikungan/persimpangan jalan yg tertutup.


Baca Juga :