Pengertian Tali Putri

Pengertian Tali Putri

Pengertian Tali Putri

Cuscuta atau lebi dikenal dengan Tali putri merupakan

salah satu genus dari tumbuhan berbunga, cuscuta terdiri dari sekitar 160 spesies, genus ini merupakan golongan tumbuhan parasit yang hidup pada tanaman inang.

Pada tali putri ini tersebar lauas di Eropa dan Amerikan Utara, dalam hal ini di Amerika Serikat bagian selatan tali putri menjadi parasit pada alfalfa dan semanggi. Tanaman lain yang menjadi inang dari tali putri antara lain, bawang, bit gula, kentang dan beberapa jenis tanaman hias “Ornamental”.


Pada tumbuhan ini dikenal dengan parasit karena tumbuhan ini tumbuh dengan tumbuhan inang, baik dari tanaman pertanian dan juga dengan tanaman hias dan terdapat beberapa spesies yang membahayakan dan merugikan bagi pohon inang, bahkan ada beberapa negara yang melarang untuknya masuknya benih tumbuhan tali putri yang terkontaminasi.


Dan selain itu tumbuhan ini dapat merugikan ada beberapa jenis pula yang menguntungkan, yang dapat digunaka sebgai obat tradisional, contohnya Cuscuta chinensi, jenis yang ini sekarang mulai diteliti sebagai tanaman obat ada pula yang digunakan sebagai pewarna yakni Cuscuta tinctoria.


Pada tanaman ini memiliki batang yang bulat tipis dan tanpa daun, tali putri bisa juga menghasilkan buah yang kecil. Tanaman ini terdapat klorofil yang sangat rendah, beberapa spesies seperti Cuscuta reflexa dapat berfotosintesis sedikit, sementara yang lain sepenihnya tergantung pada tanaman inang untuk menghisap sari-sari makanan.


Sumber: https://mansionpromo.co.id/troll-face-quest-apk/