Pengertian Pemantulan Cahaya dan Macam-Macamnya

Pengertian Pemantulan Cahaya dan Macam-Macamnya

setiap pagi sebelum berangkat sekolah pasti bercermin khususnya dahulu kan? Untuk menyaksikan penampilan, memastikan apakah seragam yang dipakai udah rapi atau belum, atau cuma untuk memastikan rambut tetap berantakan atau tidak. Nah, Squad tau tidak waktu kita bercermin ternyata tersedia proses pemantulan sinar lho.

Lalu apa sih pemantulan cahaya? Pemantulan sinar adalah proses pergantian arah rambat sinar ke sisi ‘medium’ asalnya, setelah menumbuk antarmuka dua medium. Secara sederhana, pemantulan sinar adalah proses terpacarnya kembali sinar berasal dari permukaan benda yang terkena cahaya.

Ditinjau berasal dari segi arah sinar pantul atau wujud permukaan benda yang memantulkan cahaya, terdapat dua model pemantauan yaitu:

1. Pemantulan Teratur (Specular Reflection)

Apabila benda-benda seperti cermin datar, air yang tenang disinari dengan sinar matahari maka sinar-sinar dipantulkan didalam arah yang sama sehingga terlihat berkilau, pemantulan ini dinamakan pemantulan teratur.

Pemantulan tertata adalah pemantulan yang berjalan gara-gara bekas sinar mampir jatuh pada permukaan halus atau rata. Pada permantulan teratur, sinar akan dipantulkan ke satu arah.

Pemantulan sinar pada permukaan rata dilihat pertama kali oleh Willebrord Snellius dan dikenal sebagai Hukum Snellius. Sinar yang berasal berasal dari sumber sinar disebut sinar datang, sinar yang dipantulkan oleh cermin datar disebut sinar pantul, dan garis yang tegak lurus dengan cermin disebut garis normal.

Hukum Pemantulan Cahaya

Poin perlu hukum pemantulan sinar atau Hukum Snellius yaitu:

Sinar datang, garis normal, dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar.
Sudut mampir (i) sama dengan sudut pantul (r).

2. Pemantulan Difus atau Pemantulan Baur (Diffuse Reflection)

Pemantulan difus atau pemantaua baur adalah pemantulan sinar ke segala arah yang berjalan gara-gara bekas sinar mampir jatuh pada permukaan kasar atau tidak rata. https://www.biologi.co.id/

ternyata contoh-contoh pemantulan sinar tersedia dikehidupan sehari-hari kita ya.