Pengertian Ilmu Kalam

Pengertian Ilmu Kalam

Pengertian Ilmu Kalam

Pengertian Ilmu Kalam

Kalam secara bahasa artinya pembicaraan. Ilmu kalam merupakan ilmu yang membicarakan tentang wujud allah, sifat-sifat yang mestinya ada pada allah, sifat-sifat yang tidak adanya pada allah, dan sifat-sifat yang mungkin adanya pada allah. Serta membicarkan tentang rasul-rasul allah, untuk menetapkan kerasulannya dan mengetahui sifat-sifat yang ada padanya, dan sifat-sfat yang tidak ada padanya.

         Menurut ibnu khaldun ilmu kalam adalah ilmu yang berisi beberapa alasan untuk mempertahankan keimanan dengan menggunakan dalil-dalil pikiran dan berisi bantahan terhadap orang yang berweleng dari kepercayaan aliran salaf dan ahl sunnah

  • Latar Belakang Berdirinya Ilmu Kalam

          Ilmu kalam adalah ilmu yang berdiri sendiri dan belum dikenal pada zaman nabi Muhammad SAW. Ilmu kalam baru dikenal  setelah keislaman lain satu persatu muncul dan setelah orang menteceritakan tentang kepercayaan alam gaib.

  • Persamaan ilmu kalam dengan tasawuf

           Ilmu kalam, tasawuf, dan filsafat mempunyai kemiripan objek sajian yaitu menkaji masalah ketuhanan yang berkaitan dengannya. Kalau ilmu kalam mengkaji tentang kalamullah, ilmu filsafat mengkaji tentang ketuhanan, alam, manusia, dan segala sesuatu yang ada (baharu). Sedangkan kajian tasawuf adalah mengkaji tentang ketuhanan yaitu mengadakan pendekatan kepadanya.

            Titik perbedaan ketiganya terletak pada aspek metodelogi, ilmu kalam menggunakan metode dialektika tujuannya adalah untuk mempertahankan agama, yaitu dengan pendekatan dan argumen-argumen yang rasional. Adpun ilmu taswuf menggunakan ilmu intuisi/ilham/inspirasi yang datang dari tuhan untuk menemukan suatu kebenaran, kebenaran yang di hasilkan ilmu tasawuf dikenal dengan kebenaran budari. Fisafat menggunakan metode rasional dalam mendapati kebenaran yaitu dengan cara mnuangkan ide-ide (mengembara/mengelanakan) akal budi secara radikal, integral dan universal.

Ilmu tauhid

      Ilmu tauhid adalah ilmu yang membahas tentang wujud allah SWT, sifat-sifat allah, dalil-dalil yang membuktikan ada nya zat yang mewujudkan serta dalil-dalil yang mengupas tentang samiah dengan tujuan untuk meyakinkan keyakinannya.

Sumber: https://sel.co.id/