Pengertian Hutan Mangrove

Pengertian Hutan Mangrove

Hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau, dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat dimana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai dimana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawahnya dari hulu.

Jenis-jenis Tumbuhan Hutan Mangrove sebagai Nilai Ekonomi SDH 

Adapun jenis-jenis tumbuhan hutan mangrove sebagai nilai ekonomi SDH adalah sebagai berikut :

1. Avicemia (Api-api )

Avicemia merupakan pohon mangrove pionir, jadi mudah sekali dikenal. Tumbuhannya selalu di tepi laut maupun di tepi sungai. Getah yang dikeluar dari kulit batangnya dilaporkan mempunyai khasiat sebagai pembangkit gairah, kontraseptif dan obat sakit gigi.

2. Arostichum aureum  (Paku laut)

Jenis ini merupakan tumbuhan paku-pakuan dan umumnya tumbuh di area hutan mangrove yang terbuka atau menerima cahaya matahari banyak. Rimpangnya yang telah ditumbuk dapat digunakan untuk menyembuhkan luka atau bengkak pada tubuh. Daun yang berspora, bila dicampur dengan air tumbuhan lain berkhaisat sebagai obat radang sifilis.

3. Acanthus (Jeruju)

Jenis ini yang bermanfaat sebagai obat adalah Ilicifolius dan Embracteatus. Ciri khasnya terletak pada daun yang meruncing tajam bagaikan duri. Buah Ilicifolius yang dihaluskan didalam air dapat dipakai untuk menhentikan pendarahan yang keluar dari luka dan juga mengobati luka karena gigitan ular.

4. Rhizophora (Bakau)

Jenis ini dapat diamanfaatkan sebagai obat dan bahan pangan. Daun, buah dan akar yang masih muda apabila direbus bersama dengan kulit muda Kandella candel dapat digunakan sebagai obat pencuci luka-luka yang mujarab dan dapat mengusir nyamuk agar tidak mendekati tubuh kita.

 

Sumber: https://forbeslux.co.id/galaxy-note-8-entreprise-mulai-dijual-di-as/