Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Kali ini kita akan membahas pengertian filsafat (filsafat) secara umum, etimologis dan menurut definisi menurut para ahli (filsuf), baik filsuf yang berasal dari Barat, Timur maupun Indonesia. Filsafat adalah studi tentang masalah umum dan mendasar yang terkait dengan keberadaan, pengetahuan, nilai-nilai, akal, pemikiran dan bahasa.

Pemahaman filsafat secara umum dapat diartikan sebagai kearifan hidup (filsafat) untuk memberikan pandangan hidup yang holistik berdasarkan refleksi atas pengalaman hidup dan pengalaman ilmiah.

Filsafat juga dapat diartikan sebagai ilmu yang berupaya menemukan penyebab terdalam dari segala sesuatu berdasarkan pemikiran atau keadaan. Filsafat adalah pandangan tentang kehidupan seseorang atau sekelompok orang, yang merupakan konsep dasar dari kehidupan yang dicita-citakan.

Filsafat itu sendiri adalah ilmu karena memiliki logika, metode, dan sistem. Namun, filsafat berbeda dari ilmu kehidupan lain karena memiliki subjek sendiri yang sangat luas.

Filsafat juga merupakan pemeriksaan kritis terhadap semua fenomena kehidupan dan pemikiran manusia dan dijabarkan dalam konsep-konsep dasar. Filosofi tidak dieksplorasi dengan melakukan eksperimen dan eksperimen, tetapi dengan mengungkapkan masalah yang tepat, menemukan solusi untuknya, memberikan argumen dan alasan yang tepat untuk solusi spesifik.

Akhir dari proses ini terkandung dalam proses dialektis. Untuk studi filosofis, mutlak diperlukan dan mutlak diperlukan untuk berpikir logika dan logika bahasa. Logika adalah ilmu yang dipelajari dalam matematika dan filsafat.

Hal ini menjadikan filsafat sebagai ilmu yang dicirikan dalam aspek-aspek tertentu dengan pelengkap yang tepat dari nuansa spesifik filsafat, yaitu spekulasi, keraguan, keingintahuan, dan minat. Filsafat juga berarti perjalanan ke yang terdalam, sesuatu yang biasanya tidak tersentuh oleh disiplin skeptis lain yang mempertanyakan segalanya.

Definisi Filsafat Menurut Etimologis

Secara etimologis, kata filsafat memiliki makna yang sesuai dengan kata filsafat di Arab atau kata filsafat di Inggris atau kata filsafat di Prancis dan Belanda atau kata filsuf di Jerman. Semua kata-kata ini berasal dari filsafat Latin, kata benda yang merupakan hasil dari kegiatan philoshopien sebagai kata kerja.

Kata Philosphia sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu Philein (cinta) atau Philia (persahabatan atau tertarik pada …) dan Sophos (kebijaksanaan, kemampuan, pengalaman praktis dan kecerdasan). Kata-kata, yang hampir identik dengan philes atau philia dan sophos, juga ditemukan dalam bahasa Latin, yaitu: philos (teman atau teman) dan sophia (kebijaksanaan).

Memahami Filsafat Menurut pendapat Ahli

Karena luasnya diskusi seputar filsafat ini, para filsuf atau filsuf dari Barat dan Timur berbeda dalam apa itu filsafat. Untuk perincian lengkap, pertimbangkan pemahaman filosofi berikut dalam pendapat para ahli dan filsuf secara keseluruhan,

1. Menurut Cicero
Filsafat didefinisikan sebagai “ibu dari semua seni” (ibu dari semua seni), filsafat sebagai “ars vitae” (seni kehidupan).

2. Menurut Aristoteles
Filsafat berkewajiban memeriksa sebab dan prinsip dari semua hal. Jadi filsafat adalah ilmu yang sangat umum. Tugas penelitian akar penyebab sekarang dibagi menjadi filsafat dan sains.

3. Menurut Ibnu Sina
Hal pertama yang ditemui oleh seorang filsuf adalah bahwa ada hal-hal yang berbeda, ada yang hanya bisa “ada.”

4. Menurut Plato
Filsafat adalah pengetahuan tentang segala sesuatu yang ada (sains yang tertarik untuk mencapai kebenaran asli).

5. Menurut Al Farabi
Filsafat adalah ilmu yang ada dan mengeksplorasi sifat aslinya.

6. Menurut Thomas Hobbes
Filsafat adalah ilmu yang menjelaskan hubungan hasil dan penyebab atau alasan hasil dan oleh karena itu selalu mewakili perubahan.

7. Menurut Al-Kindi
Filsafat adalah pengetahuan sejati tentang sifat segala sesuatu yang ada bagi manusia sebanyak mungkin. Dia memberi kaum Muslim pemahaman tentang filsafat dan membagi filsafat ini menjadi tiga bidang:

  • Ilmu Fisika (al-Ilmu al-tabiyyat) adalah tingkat terendah;
  • Ilmu Matematika (al-Ilmu al-Riyadh), kelas menengah;
  • Keilahian (al-Ilmu ar-rububiyyat), level tertinggi.

Sumber Terkait: ilmu belajar

Baca Juga :