Pengertian Bintang, Planet dan Satelit

 Pengertian Bintang, Planet dan Satelit

  1. Bintang

Bintang merupakan benda langit yang mempunyai cahaya sendiri akibat reaksi inti di dalamnya. Cahaya bintang terdiri atas gas berpijar yang jika diamati mengeluarkan cahaya dengan warna yang berbeda, ada yang putih kebiru-biruan, merah, atau kekuning-kuningan. Menurut hukum Fisika, bintang yang memiliki cahaya putih kebiru-biruan memiliki temperature yang tinggi, semakin kemerahan atau kuning maka temperaturnya semakin rendah. Salah satu bintang yang paling dekat dengan bumi adalah matahari.

Bintang merupakan benda langit yang tidak bergerak yang disebut dengan al-tsawabit atau bintang sejati (fixed stars), bintang-bintang tetap yang mempunyai sinar sendiri. dikatakan tetap karena bintang-bintang itu selalu dalam susunan rasi yang relatif tetap. Rasi bintang yang dikenal dengan istilah al-buruj atau dalam bahasa latin disebut constellation, yaitu merupakan pengelompokan bintang-bintang pada langit.

  1. Planet

Planet (dari bahasa Yunani Kuno (astēr planētēs), berarti “bintang pengelana”) adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri, tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir, dan telah “membersihkan” daerah sekitar orbitnya yang dipenuhi planetesimal. Kata planet sudah lama ada dan memiliki hubungan sejarah, sains, mitologi, dan agama. Oleh peradaban kuno, planet dipandang sebagai sesuatu yang abadi atau perwakilan dewa.[4]

Planet (dari kata plan yang berarti datar), yaitu benda-benda langit yang  padat dan beredar pada orbitnya dan yang selalu mengelilingi matahari.[5] Dalam tata surya terdapat 8 planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

  1. Satelit

Satelit adalah benda langit yang kecil beredar mengelilingi benda langit yang lebih besar (planet) dan tetap berada dalam gaya tarik benda langit yang lebih besar.[6]

Ada dua jenis satelit, yaitu sebagai berikut:

  1. Satelit alami, yaitu satelit yang ada dalam tata surya dan bukan buatan manusia. Contohnya bulan.
  2. Satelit buatan, yaitu satelit yang dibuat oleh manusia. Contohnya Palapa.

    RECENT POSTS