Pengertian Alam Jagad Raya

Pengertian Alam Jagad Raya

Pengertian Alam Jagad RayaPengertian Alam Jagad Raya

Jagad Raya atau sering disebut Alam Semesta adalah keseluruhan ruang dan waktu yang terdiri dari triliyunan galaksi yang terbentuk dari bintang-bintang. Pengertian alam dalam Kamus Bahasa Indonesia adalah segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi (seperti bumi, bintang, kekuatan). Sedangkan Semesta didefinisikan sebagai segala sesuatu yang ada, telah ada, dan akan ada. Menurut definisi dan pemahaman kita, Semesta terdiri dari tiga unsur: ruang dan waktu, yang dikenal sebagai ruang waktu atau vakummateri dan berbagai bentuk energi dan momentum menempati ruang-waktu dan hukum-hukum alam yang mengatur semesta raya. Elemen-elemen ini akan dibahas secara lebih rinci di bawah ini. Sebuah definisi terkait istilah Semesta, segala sesuatu yang ada pada saat satu waktu kosmologis, seperti saat ini, seperti dalam kalimat “Jagad Raya sekarang bermandikan seragam dalam radiasi gelombang mikro”.[2]

Di jagad raya terdapat bermilyar-milyar bintang, planet-planet, komet, meteor. Selain itu di jagat raya juga terdapat debu, kabut dan gas.

  1. Pengertian Benda-benda Langit

Dalam pemahaman Ilmu Falak (astronomi), yang dimaksud dengan langit adalah seluruh ruang yang terbentang di atas bumi. Langit merupakan seluruh ruang angkasa semesta, yang di dalamnya terdapat berbagai benda langit, termasuk matahari,  bumi, planet-planet, galaksi-galaksi. Hal ini dikemukakan oleh al-Qur’an surat al-Mulk (67) ayat 5:

ô‰s)s9ur $¨Z­ƒy— uä!$yJ¡¡9$# $u‹÷R‘‰9$# yxŠÎ6»|ÁyJÎ/ $yg»oYù=yèy_ur $YBqã_â‘ ÈûüÏÜ»u‹¤±=Ïj9 ( $tRô‰tGôãr&ur öNçlm; z>#x‹tã ÎŽÏè¡¡9$# ÇÎÈ

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.”

Benda-benda langit dapat dibedakan menjadi dua, yaitu benda-benda langit yang bergerak yang disebut planet-planet (al-sayyarat) dan yang tidak bergerak yang serung di sebut bintang-bintang (al-tsawabit).

Sumber :

https://khasanahkonsultama.co.id/jestro-ag60-anggur-tanpa-biji-dari-balitbang-pertanian/

[3]