Penerima Beasiswa Harus Pilih Dua Negara

Penerima Beasiswa Harus Pilih Dua Negara

Penerima Beasiswa Harus Pilih Dua Negara

Penerima Beasiswa Harus Pilih Dua Negara

Sebanyak1.600 mahasiswa Indonesia telah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Uni Eropa.

Dari 28 negara anggota Uni Eropa, hanya empat negara yang paling diminati mahasiswa Indonesia, yakni Inggris, Jerman, Belanda dan Perancis.

Menurut Program Manager Education Destriani Nugroho, biaya beasiswa untuk mahasiswa maksimalnya 48 ribu Euro per mahasiswa selama dua tahun.

Salah satu beasiswa yang ada ditawarkan Eramus Mundus dengan program belajar berpindah ke satu negara ke negara lain. Serta si penerima beasiswa minimalnya harus memilih dua negara. Atau berdasarkan progran pilihan, bisa memilih satu negara saja.

”Itu tergantung kita yang mendaftar. Kelebihan Erasmus, apabila penerima beasiswa otomatis

sudah diterima di universitas yang dituju,” katanya.

Sementara Besar Eropa Vincent Guerent menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan pemkot Bandung karena memiliki program smartcity. ”Untuk beasiswa sendiri karena Eropa merupakan negara yang tergabung dalam OISIDI, pemerintah wajib membiayai setiap negara berkembang,” katanya.

Karena Indonesia termasuk negara yang sedang berkembang. Maka beasiswa pendidikan juga wajib diberikan kepada Indonesia khususnya Kota Bandung.

Dengan adanya orang orang Indonesia para masyarakat Eropa, banyak belajar mengenai kebiasaan

dan pola prilaku masyarakat Indonesia. Ada banyak perbedaan antara Indonesia dan Eropa, semisal pola bercocok tanam dan perikanan.

”Setiap tahunnya mereka pelajari dan banyak yang berkembang,” tuturnya.

Di samping seminar pendidikan, terdapat stand-stand negara bagian Eropa. Masing-masing peserta bisa bertanya secara bebas bagaimana bisa bersekolah di sana.

 

Baca Juga :