Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian Tindakan Kelas

Karakteristik PTK :

  1. On the job problem oriented
    2. Problem Solving oriented
    3. Improvement oriented
    4. Multidata oriented
    5. Partisipatory oriented
    6. Siklus: (1) perencanaan atau planning,(2) pelaksanaan tindakan atau acting, dan (3) pengamatan dan refleksi atau observasing-reflekting.


Manfaat PTK :
1. Guru menjadi dan peka terhadap masalah
2. Terjalinnya kerjasama untuk meningkatkan mutu KBM
3. Perhatian terhadap siswa terus menerus
4. Mutu diri dan kinerja
5. Capai tujuan KBM


Prinsip PTK (Hopkins, 1993) :
1. Tidak menggangu komitmen dan tugas utama guru yaitu menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas
2. Melaksanakan PTK pada dasarnya merekam dan melaporkan proses dan hasil pembelajaran secara sisematik dan terkendali menurut kaidah ilmiah
3. Kegiatan penelitian yang dilakukan merupakan bagian integral dari pembelajaran dan harus tetap bersandar pada alur dan kaidah ilmiah
4. Masalah yang dipecahkan adalah masalah pembelajaran riil dan merisaukan 5. Konsistensi sikap dan kepedulian dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran sangat diperlukan
6. Cakupan masalah tidak hanya dibatasi pada masalah pembelajaran di ruang kelas


Bidang kajian PTK :
1. Pembelajaran di kelas : cara belajar dan proses
2. Desain dan strategi PBM : pengelolaan prosedur dan metode
3. Alat bantu,media dan sumber belajar
4. Sistem evalusai PBM
5. Implementasi kurikulum


Prosedur PTK :
1. Permasalahan
2. Alternatif pemecahan masalah
3. Pelaksanaan tindakan 1
4. Observasi 1
5. Analisis data 1
6. refleksi 1
7. Terselesaikan ? (siklus 1)
8. Tidak? Alternatif pemecahan (rencana tindakan 2)
9. Pelaksanaan tindakan 2
10. Observasi 2
11. Analisis data 2
12. Refleksi 2
13. Terselesaikan ? Siklus 2
14. Tidak ? rencana tindakan selanjutnya

Baca juga :