Organismic Variables, mencakup

  1. Organismic Variables, mencakup:

  • Characteristic of the leaners,

Yang menjadi indikator di sini adalah intelegensi, usia dan taraf kemantangan, jenis kelamin, kesiapan dan kemantangan untuk belajar, sehingga yang menjadi permasalahan biasanya mengenai kurangnya kemampuan dan keterampilan kognitif, keterbatasan mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi, tidak menpunyai tujuan sehingga tidak bergairah dalam belajar.

  • Mediating processes,

Yaitu mencakup presepsi, motivasi, dorongan, lapar, takut, cemas, dan sebagainya sehingga mempengaruhi prilaku belajar.

 

  1. Respon Variables, mencakup:

Tujuan-tujuan kognitif seperti, pengetahuan, konsep-konsep, dan keterampilan problem solving. Tujuan-tujuan afektif seperti sikap, nilai-nilai. Kemudian juga berkaitan dengan psikomotorik seperti menulis, olahraga, melukis, dan lain sebagainya.

Bab III

PENUTUP

  1. Simpulan
  • Readiness diartikan sebagai kesiapan atau kesediaan seseorang untuk berbuat sesuatu.
  • Setiap aspek pertumbuhan berinteraksi dan bersama membentuk readiness, yaitu kemampuan dan kesiapan.
  • Pengalaman seseorang ikut mempengaruhi pertumbuhan fisiologis individu.
  • Pengalaman mempunyai efek kumulatif dalam perkembangan fungsi-fungsi kepribadian individu, baik yang jasmaniah maupun yang rohaniah.
  • Apapbila readiness untuk melaksanakan kegiatan tertentu terbentuk pada diri seseorang, maka saat-saat tertentu dalam kehidupan seseorang merupakan masa formatif bagi perkembangan pribadinya.
  • Pembentukan kesiapan yaitu perlengkapan dan pertumbuhan fisiologis, motivasi, kematangan sebagai dasar dan lingkungan atau kultur sebagai penyumbang pembentukan
  • Pembentukan kesiapan dipengeruhi oleh motivasi, sikap, minat, kebiasaan belajar, dan konsep diri.
  • Indikator kesiapan belajar dapat dilihat melalui sudut pandang siswa, guru, situasi, program, dan sarana.
  • Faktor penghambat kesiapan belajar atau kesulitan dalam belajar ada dua yaitu faktor internal mencakup fisiologi dan psikologi. Kemudian ada faktor eksternal mencakup orang tua, guru, dan lingkungan.