Mobilitas Sosial dan Bentuk Mobilitas Sosial

Mobilitas Sosial dan Bentuk Mobilitas Sosial

Mobilitas Sosial dan Bentuk Mobilitas Sosial

Mobilitas Sosial dan Bentuk Mobilitas Sosial

Sebelum ke bentuk-bentuk mobilitas sosial

Dan pengertian mobilitas sosial menurut para ahli. kita mulai dengan membahas pengertian moblitas sosial. Secara Umum Pengertian Mobilitas Sosial adalah suatu proses perpindahan, atau pergerakan lapisan (strata sosial) seseorang atau kelompok. Istilah moblitas berasal dari bahasa Latin, yaitu Mobilis yang berarti mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Sedangkan sosial melibatkan seseorang atau kelompok warga.

Secara harfiah, pengertian mobilitas sosial adalah

Sebagai suatu gerakan yang terjadi akibat berpindah atau berubah posisi seseorang atau sekelempok orang disaat yang berbeda-beda.

Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli

Selain dari pengertian mobilitas sosial diatas, terdapat beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian mobilitas sosial antaralain sebagai berikut.
  • Soerjono Soekanto: Pengertian mobilitas sosial menurut Soerjono Soekanto adalah suatu gerak dalam struktur sosial yaitu pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.
  • Robert M.Z. Lawang: Menurut Robert M.Z. Lawang, bahwa pengertian mobilitas sosial adalah perpindahan posisi dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain atau dari satu dimensi ke dimensi yang lainnya.
  • H. EdwardRansford: Pengertian mobilitas sosial menurut H. EdwardRansford adalah perpindahan ke atas atau ke bawah dalam lingkungan sosial secara hirarki.
  • Kimball Young dan Raymond W.Mack: Menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack, bahwa pengertian moblitas sosial adalah suatu mobilitas dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.
  • Horton dan Hunt: Menurut Horton dan Hunt, pengertian mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.
  • Wiliam Kornblum: Pengertian mobilitas sosial menurut William Kornblum adalah perpindahan individu-individu, keluarga-keluarga dan kelompok sosialnya dan satu lapisan ke lapisan sosial lainnya.

Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial dikelompokkan dalam beberapa jenis. Bentuk-bentuk mobilitas sosial adalah sebagai berikut..
1. Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Berdasarkan Tipenya
Mobilitas sosial vertikal, adalah perpindahan status yang dialami seseorang atau sekelompok pada lapisan sosial yang berbeda
Mobilitas sosial horizontal, adalah perpindahan status sosial seseorang atau kelompok dalam lapisan sosial yang sederajat. Dalam mobilitas sosial horizontal tidak terjadi perubahan derajat kedudukan seseorang atau sekelompok orang.
Mobilitas sosial lateral, adalah perpindahan orang-orang dari unit wilayah satu ke unit wilayah yang lainnya. Dalam mobilitas sosial lateral disebut dengan mobilitas geografis.
2. Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Berdasarkan Ruang Lingkupnya
Mobilitas sosial intragenerasi, adalah mobilitas sosial yang dialami oleh seseorang selama masa hidupnya atau perubahan status sosial mulai dari lahir sampai dengan masa tuanya.
Mobilitas sosial antargenerasi, adalah mobilitas sosial yang terjadi dari dua generasi atau lebih.
Demikianlah artikel sederhana mengenai Pengertian umum Mobilitas Sosial serta Bentuk-bentuk mobilitas sosial. Semoga sobat sekalian dapat menerima manfaat dari pengertian mobilitas sosial Sekian dan terima kasih.