Memahami Istilah Row, Coloumn, Cell, dan Range di Excel

Saat belajar memahami program Excel tanpa mengetahui apa baris, kolom, sel, dan rentangnya, itu mungkin tidak sempurna. Saat melakukan semua pekerjaan menggunakan rumus excel , Anda perlu tahu tentang perbedaan dan pemahaman istilah yang disebutkan di atas dalam program Excel.

Memahami Istilah Row, Coloumn, Cell, dan Range di Excel

Masih ada beberapa kebingungan saat menggunakan program ini, terutama bagi Anda yang menggunakan Excel hanya untuk berbagai kebutuhan Anda. Excel memiliki penampilan yang sangat berbeda dari MS. Kata tampilan hanya muncul sebagai kotak. Dalam kotak juga disebut baris, kolom, sel, dan rentang. Untuk detailnya, Anda bisa merujuk ke deskripsi berikut ini.

Baris program -Excel diberi nomor dari 1 hingga 1.048.576. Ini ditafsirkan dalam versi Excel 2017 oleh 1.048.576 baris pada satu lembar kerja Excel.

-Sebuah string dari kolom atau kolom A ke XFD, yang menambahkan hingga 16.384 kolom.

-Cell atau sel adalah kumpulan baris dan kolom, misalnya sel A1 berarti di kolom A dan baris 1. Untuk alamat sel ini, itu akan ditampilkan dalam kotak Nama. Kotak nama menunjukkan posisi Anda di sel yang aktif.

Kisaran -A adalah kombinasi dari beberapa sel dan juga dapat diartikan sebagai kombinasi beberapa kolom dan baris seperti pada A1: A5.

Selain itu, untuk berpindah antar sel, gunakan tombol pada keyboard atau gunakan mouse untuk mengklik sel yang diinginkan. Berikut adalah tombol yang dapat Anda gunakan pada keyboard Anda.

-Pindah ke bawah untuk menggunakan panah bawah atau masukkan tombol.

-Gunakan tombol panah ke atas untuk bergerak ke atas

-Pindah ke tombol kiri keyboard Anda

-Gunakan tombol panah kanan pada keyboard untuk bergerak ke kanan.

Jika Anda ingin mengedit teks dalam sel, Anda juga dapat membuat pintasan hanya dengan mengklik dua kali mouse atau menekan tombol F2 pada keyboard.

-Tekan F4 untuk membuat sel absolut.

Anda juga dapat mengubah nama sel menjadi nama yang diinginkan. Misalnya, ubah sel A1 ke sel “contoh”. Klik di kotak Nama dan masukkan teks yang diperlukan terlebih dahulu. Kemudian sel berubah menjadi sel contoh.

Mengubah nama sel juga disebut nama yang ditentukan. Untuk melihat daftar nama yang ditentukan atau sel yang dimodifikasi, buka menu Rumus> Manajemen Nama atau navigasi langsung menggunakan keyboard Ctrl + F3 pintas.

Setelah Anda memahami ketentuan dalam MS.Excel, Anda sekarang dapat mencoba menggunakan Excel sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu caranya adalah membuat baris baru di sel Excel. Metode ini tentu sangat mudah. Namun, sebelum latihan, silakan lihat diagram berikut untuk kejelasan.

Lihatlah gambar di atas. Foto sel A1 terdiri dari 3 baris teks. Juga, tombol bungkus teks diaktifkan. Nah, ini cara menambahkan baris baru ke ms.Excel.

-Anda menulis teks atau angka di dalam sel, dan jangan tekan tombol Enter saat selesai. Sel bergerak ke bawah saat Anda menekannya.

-Setelah menulis teks, tekan Alt + Enter untuk mengubah garis Excel dan baris baru selesai.

-Jika Anda ingin memulai baris baru, masukkan teks yang diperlukan lagi dan tekan Alt + Enter.

-Dan jika Anda melakukan langkah-langkah ini, maka tombol Teks Bungkus akan diaktifkan, dan sel memiliki beberapa baris teks atau data.

Bukankah ini mudah dilakukan dalam tutorial pemula ini? Semoga, jika Anda memahami dan menjalankan langkah-langkah dengan benar dan benar, maka pekerjaan yang Anda lakukan dengan Excel akan lebih mudah.