Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Kapur (Citrus aurantifolia) telah lama dikenal sebagai tanaman yang kaya akan properti. Walaupun memiliki rasa asam dan pahit, ternyata tubuh sangat membutuhkan manfaat jeruk nipis. Jeruk nipis Buah yang satu ini tidak hanya digunakan sebagai makanan, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk semua jenis penyakit.

Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Menurut Dr. Setiawan Dalimartha dari Hiptri (Asosiasi Pengobatan Tradisional Indonesia dan Akupunktur) dan Sarah Kriswanti, seorang herbalis, ada beberapa manfaat jeruk nipis untuk menyembuhkan penyakit, termasuk:

1. Wasir
Banyak orang berpikir bahwa manfaat jeruk nipis hanya memiliki daging, tetapi akarnya juga menghemat manfaat. Caranya, ambil sekitar 10 gram akar jeruk nipis, lalu rebus dengan 1 liter air selama 30 menit. Saring airnya lalu minum hangat 3 kali sehari. Dipercayai bahwa metode ini mampu mengatasi wasir.

2. almond
Keuntungan lain dari jeruk nipis adalah mungkin dapat mengobati almond. Caranya, ambil 3 buah jeruk nipis, potong-potong, lalu rebus dalam 2 gelas hingga airnya tetap 3/4. Kemudian saring air mendidih dan gunakan untuk berkumur. Lakukan ini 3-4 kali sehari.

3. Anyang-Anyangan
Dua jeruk nipis dicuci bersih, kemudian ditekan dan dibumbui dengan permen batu. Kemudian tambahkan 1 gelas air panas. Setelah pemanasan, minum jus jeruk nipis ini sekali sehari.

4. Batuk
Salah satu dari banyak sifat yang disarankan dari kapur adalah kemampuannya untuk batuk. Caranya, ambil lemon dan peras dan campur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam. Aduk sampai campuran jus jeruk nipis disaring. Anda bisa meminumnya 2-3 kali sehari.

5. Batuk disertai influenza
Potong buah jeruk nipis dan rebus dengan air secukupnya. Tuangi air mendidih dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini dua kali sehari.

6. Bau badan
Manfaat jeruk nipis tidak hanya berdampak pada kesehatan Anda, tetapi juga mendukung timbulnya mengatasi bau badan. Caranya, potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, sebarkan irisan dengan kapur sirih tipis. Kemudian oleskan setelah mandi di ketiak. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas, setiap pagi dan sore.

7. Batu ginjal
Manfaat jeruk nipis juga bisa dirasakan oleh organ-organ dalam tubuh, salah satunya adalah ginjal. Anda bisa minum dua jus jeruk nipis dicampur dengan 2 gelas air hangat setelah makan. Jual metode ini selama 10 hari.

8. demam atau flu
Jika Anda demam atau flu, Anda dapat mencoba menggunakan jus jeruk nipis. Caranya: peras jeruk nipis, lalu tambahkan 3 siung tanah merah yang dihancurkan dan tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan campuran ini ke dahi pasien.

9. Mengatasi menstruasi tidak teratur
Tiga sendok makan jus jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 cangkir air panas. Setelah diaduk, minumlah hangat. Lakukan metode ini tiga kali sehari.

10. Setelah kelahiran
Aduk satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir jus jeruk nipis sampai campuran terbentuk dan kemudian oleskan ke perut. Lakukan metode ini selama 3 bulan dan lakukan setelah mandi untuk menghindari kerutan perut, tetap halus dan rata seperti biasa.

11. Jerawat
Manfaat jeruk nipis untuk kulit yang bisa Anda dapatkan adalah kemampuannya mengatasi jerawat. Ambil jeruk nipis, jangan dipotong terlalu tebal lalu gosokkan pada kulit wajah.

12. Mencegah rambut rontok dan ketombe
Manfaat jeruk nipis dirasakan tidak hanya pada kulit wajah, tetapi juga pada kulit kepala. Caranya: Potong dua limau menjadi tiga bagian dan oleskan secara merata ke kulit kepala. Bungkus kepala Anda dengan handuk sepanjang malam dan kemudian cuci pada hari berikutnya. Lakukan ini tiga kali seminggu.

13. Memperbesar rambut
Dipercayai bahwa kuning telur yang dicampur dengan perasan jeruk nipis 3 dapat memperlebar rambut. Saat menggosok, pijat kulit kepala secara merata. Biarkan selama 2 jam, lalu bilas dengan sampo jerami untuk membuat rambut berkilau dan padat.

14. Berhenti merokok
Bagi Anda yang kecanduan rokok dan ingin mengakhiri ketergantungan ini, Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis dengan menjilati 1 buah jeruk nipis. Hentikan pengisapan kapur. Anda dapat mengkonsumsi air dengan segera. Lakukan metode ini beberapa kali sehari.

Baca Juga :