Kontak personal eksternal dalam inovasi pendidikan

 Kontak personal eksternal dalam inovasi pendidikan

  1. Lembaga Pendidikan

            Lembaga Pendidikan (baik formal, non formal atau informal) adalah tempat transfer ilmu pengetahuan dan budaya (peradaban). Melalui praktik pendidikan, peserta didik diajak untuk memahami bagaimana sejarah atau pengalaman budaya dapat ditransformasi dalam zaman kehidupan yang akan mereka alami serta mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan dan tuntutan yang ada di dalamnya.[5]

            Dengan demikian, makna pengetahuan dan kebudayaan sering kali dipaksakan untuk dikombinasikan karena adanya pengaruh zaman terhadap pengetahuan jika ditransformasikan. Dalam proses sebuah inovasi pendidikan ada beberapa lembaga informal yang sangat besar pengaruhnya dalam pelaksanaan proses pembelajaran dan sosialisasi inovasi pendidikan, diantaranya :

  •             KEMENDIKBUD (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
  •             KEMENAG (Kementerian Agama)
  •             BPSDMPPMP (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan)
  •             LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan)
  •             BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)
  •             Dewan Pendidikan

            Tugas Dinas Pendidikan setempat adalah untuk mengarahkan pengembangan dan pelaksanaan suatu rencana, menunjukkan dan memasukan seluruh perubahan pada tingka t wilayah, sekolah, dan kelas.

  1. Masyarakat Umum

            Peran masyarakat umum dalam proses inovasi pendidikan sangatlah penting karena masyarakat merupakan kelompok sosial terbesar yang di dalamnya banyak terdapat perbedaan, khususnya dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu peran masyarakat umum dalam pendidikan adalah Masyarakat/orang tua bisa menyampaikan keganjalan yang dirasakan mengenai pendidikan kepada pihak sekolah untuk menjadi evalusai tersendiri bagi sekolah itu, bahkan akan menjadi sebuah solusi atau inovasi dalam proses pendidikan yang akan datang.

  1. Orang tua.

            Orang tua peserta didik mempunyai peranan yangpenting dalam menunjang keberhasilan proses inovasi pendidikan, karena ia telah menjadi pejuang moral yang memberi dukungan kepada peserta didik yang dalam hal ini adalah anaknya sendiri, agar merka menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan akhirat kelak. Kebanyakan orang tua memperhatikan dan tertarik dalam program dan perubahan yang bersangkutan dengan siswa. Namun dalam pelaksanaanya sering terdapat beberapa rintangan yang dihadapi keterlibatan orang tua.

https://manjakani.co.id/crowntakers-apk/