KONSEP PEMASARAN

KONSEP PEMASARAN

KONSEP PEMASARAN

Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
BAURAN PEMASARAN
•Produk, sesuatu yang dapat di tawarkanke pasar untuk mendapatkan perhatian agar di beli, di gunakan, atau di konsumsi sehingga dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan
•Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
•Distribusi, cara perusahaan menyalurkan barangnya mulai dari perusahaan sampai ke konsumen akhir, atau cara menentukan metode dan jalur yang akan di pakai dalam menyalurkan produk ke pasar.
•Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
TUJUAN PEMASARAN
Tujuan dari pemasaran adalah untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen dengan menjual produk dan selalu memperhatikan produk yang dijual, dimana konsumen akan merasa puas dengan apa yang di dapatnya, sehingga tujuan pemasaran dapat memenuhi salah satu tujuannya untuk mendapatkan profit atau laba dari penjualannya.

Kepuasan konsumen akan tercapai apabila perusahaan mampu untuk menyediakan consumer value package, yang berupa :

  1. produknya -> berkualitas dan memenuhi kebutuhan konsumen
  2. harganya -> dapat terjangkau oleh konsumen target
  3. pelayanannya -> kepada konsumen memuaskan
  4. citra produknya -> baik dari sudut pandang konsumen

Sumber : http://riskyeka.web.ugm.ac.id/seva-mobil-bekas/