ketertarikan interpersonal

ketertarikan interpersonal

ketertarikan interpersonal

ketertarikan interpersonal

Setiap individu adalah unik dan sangat sulit untuk ditiru atau imitasi setiap individu pun memiliki ketertarikan pada hal-hal baru termasuk juga pada individu lainnya. Ketertarikan interpersonal juga dapat diartikan sebagai kecenderungan untuk mengevaluasi individu lain dengan penilaian positif secara konsisten. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya ketertarikan diantaranya :

1. Daya tarik fisik

Salah satu faktor yang sangat sulit direkayasa dan mungkin bagi sebagian orang dalah bukan faktor utama untuk menjadi tertarik. Akan tetapi penelitian menunjukan bahwah ketertarikan fisik memang mempengaruhi. Hasil penelitian menunjukan bahwah hanya daya tarik fisik yang memiliki peran besar dalam seseorang disukai pasangannya, tak ada salah satupun parameter intelegensi, kecakapan sosial atau keperibadian yang diasosiasikan dengan kesukaan satu sama lain.

2. Kedekatan

Kedekatan dalam arti dekat secara fisik/lingkungan. Suatu penelitian menunjukan bahwa sepertiga dari pasangan yang tinggal dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Sayangnya itu hanya terjadi hanya pada awalnya saja. Festiger (1950) mengatakan bawah persahabatan dalam kompleks perumahan terdapat 2 faktor, yaitu : kedekatan rumah bisa membuat terjadinya ketertarikan; yang pertama seberapa dekatnya rumah dan semaikin seringnya bertemu, yang kedua kemungkinan berinteraksi lebih besar. Jika anda percaya bahwa ada seseorang yang menunggua diluar sana, bisa saja orang itu ada didekat anda.

3. Merasa dekat/Familiar

Salah satu alas an kenapa kedekatan dapat membuat orang menjadi suka karena meningkatkan familiar. Efek perasaan familiar menimbilkan ketertarikan adalah fenomena yang sangat umum, sebuah penelitian tentang efek perasaan familiar menggunakan foto. Seorang wanita diambil fotonya dan bayangan di cerminya kemudian di cetak ,hasil cetakan foto itu dan cetakan dari cerminnya ditunjugan ke orang tersebut. Dia lebih menyukai cetakan dari cermin,karena dia lebih sering berkaca sedangkan teman-temannya lebih suka dengan dengan fto yang aslinya,karena mereka sering bertemu.

4. Social Reward

Seseorang cenderung lebih suka mengulangi tingkah lakunya karena mendapat penghargaan atau keuntungan . pengharhaan dan keuntungan bukan hanya dari materi saja akana tetapi seluruh hal yang didapat dari pasangannya yang menimbulkan persaan positif dan menimbulkan ketertarik

Baca Juga :