Kandungan Gizi Serta Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Dari kandungan tersebut pepaya memiliki manfaat sebagai berikut:

Dapat sebagai anti-inflamasi
Bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama pepaya sangan bermanfaat karenna dapat menghilangkan rasa sakit karena enzim anti-inflamasi yang terkandung didalamnya, enzim itu pula memiliki sifat untuk mencegah kanker.

Dapat menguatkan sistem imun/sistem ketebalan tubuh
Senyawa beta karoten dalam pepaya diperlukan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun dari dalam agar tidak terserang penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan demam.

Dapat menyehatkan tulang
Mengkonsumsi buah pepaya dapat mencukupi kebutuhan vitamin K untuk menjaga kesehatan tulang. Karena kandungan vitamin K tersebut melakukan tindakan seperti mengubah protein pada matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium serta mengurangi ekskresi-ekskresi kalsium.

Dapat Membantu Mencegah Penyakit jantung

Kandungan serat, kalium serta vitamin dalam buah pepaya dapat membantu tubuh dalam mencegah terserang penyakit jantung. Selain itu, kandungan enzim pada pepaya juga dapat membantu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol yang dapat menekan kadar kolesterol dalam tubuh dan membantu mencegah terjadinya gejala penyakit jantung.

Baik untuk Pencernaan
Dalam pepaya terdapat enzim pencernaan papain yang dapat membantu menyehatkan pencernaan dan dapat melunakkan daging. Selain itu, Pepaya mengandung serat dan kadar air yang tinggi sehingga sangat baik dalam pencegahan sembelit dan mempromosikan keteraturan buang air besar.

Dapat Mencegah Degenerasi Makula
Senyawa eaxanthin antioksidan dalam pepaya dapat menyaring sinar cahaya biru berbahaya bagi kesehatan mata serta untuk menangkal kerusakan degenerasi.

Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka
Pepaya dapat menyembuhkan luka serta mencegah infeksi daerah kulit yang terbakarkarena enzim proteolitik chymopapain dan papain yang terkandung dalam pepaya dipercaya berfungsi seperti salep.

Dapat mencegah Asma
Kandungan beta karoten yang banyak dalam pepaya dapat menurunkan risiko untuk mengembangkan asma.

Baca Juga :