JENIS JENIS NARKOBA

JENIS JENIS NARKOBA

JENIS JENIS NARKOBA

JENIS JENIS NARKOBA

Narkoba ini memiliki banyak jenisnya, yang dibagi kembali ke dalam 3 jenis yaitu narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis narkoba tersebut, diantaranya sebagai berikut :

1. NARKOTIKA

Menurut Soerdjono Dirjosisworo pengertian dari narkoba ini adalah zat yang biasanya akan menimbulkan pengaruh tertentu bagi tubuh, yang di mana orang tersebut menggunakannya dengan memasukkannya ke dalam tubuh. Pengaruh tersebut bisa berupa macam-macam, misalnya dalam hal pembiusan, hilangnya rasa sakit, rangsangan semangat, dan halusinasi.

Tak heran jika orang yang menggunakan narkotika akan muncul khayalan-khayalan yang tidak biasanya. Sifat-sifat tersebut telah diketahui dan ditemukan dalam dunia medis, yang memiliki tujuan yaitu dapat dimanfaatkan untuk pengobatan orang yang sedang sakit atau berhubungan dengan kepentingan manusia dalam bidang pembedahan, menghilangkan rasa sakit, dll.

Narkotika ini dikelompokkan kembali ke dalam 3 golongan, yang diantaranya yaitu :

A. NARKOTIKA GOLONGAN I

Merupakan jenis narkotika yang sangat berbahaya, yang memiliki daya adiktif yang sangat tinggi. Golongan ini biasanya digunakan dalam hal penelitian dan ilmu pengetahuan, contohnya seperti ganja, heroin, kokain, morfin, dan opium.

B. NARKOTIKA GOLONGAN II

Adalah jenis narkotika yang memiliki daya adiktif yang kuat, tetapi sangat bermanfaat dalam hal pengobatan dan juga penelitian. Contohnya yaitu petidin, benzetidin, dan betametadol.

C. NARKOTIKA GOLONGAN III

Adalah narkotika yang memiliki daya adiktif yang ringan tetapi juga bermanfaat dalam hal pengobatan dan penelitian ilmu pengetahuan. Contohnya yaitu kodein dan turunannya.

2. PSIKOTEROPIKA

Psikotropika adalah suatu zat atau obat yang bukan termasuk ke dalam narkotika, baik yang alamiah maupun yang sintesis. Zat ini memiliki khasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang dapat menyebabkan perubahan khas, pada setiap aktivitas normal dan juga perilakul pada seseorang.

Psikotropika ini juga digolongkan ke dalam 4 kelompok, yang diantaranya yaitu :

A. PSIKOTROPIKA GOLONGAN I

Suatu zat yang memiliki daya adiktif yang sangat kuat, tetapi belum diketahui manfaatnya untuk pengobatan dan sampai saat ini masih diteliti apa saja khasiatnya. Contohnya MDMA, LSD, STP, dan ekstasi.

B. PSIKOTROPIKA GOLONGAN II

Merupakan jenis psikotropika yang memiliki daya adiktif yang kuat, tetapi memiliki fungsi dan kegunaan dalam bidang pengobatan dan juga penelitian. Contohnya yaitu amfetamin, metamfetamin, dan metakualon.

C. PSIKOTROPIKA GOLONGAN III

Adalah jenis psikotropika dengan daya adiksi sedang tetapi berguna untuk pengobatan dan juga kepentingan dalam suatu penelitian. Contohnya yaitu lumibal, buprenorsina, dan fleenitrazapam.

D. PSIKOTROPIKA GOLONGAN IV

Merupakan jenis psikotropika dengan daya adiktif yang cukup ringan, yang juga bergona dalam bidang pengobatan dan juga penelitian. Contohnya yaitu nitrazepam misalnya BK, mogadon, dan dumolid dan juga diazepam.

3. ZAT ADIKTIF LAINNYA

Yang dimaksud dengan zat adiktif lainnya yaitu zat-zat yang tidak termasuk ke dalam narkotika dan juga psikotropika, yang dapat menimbulkan ketergantungan pada setiap pemakainya. Contohnya yaitu :

  • Rokok
  • Alkohol dan jenis minuman yang serupa, yang bisa membuat mabuk dan merugikan penggunanya.
  • Thinner dan zat-zat serupa lainnya misalnya lem kayu, penghapus cair dan aseton, cat, dan bensin yang jika dihirup akan dapat memabukkan setiap penggunanya.

Sumber: https://konveksipekanbaru.co.id/peninsular-war-battles-apk/