ISTEM EKONOMI KAPITALIS

ISTEM EKONOMI KAPITALIS

ISTEM EKONOMI KAPITALISISTEM EKONOMI KAPITALIS

                  Sistem ekonomi adalah salah satu alat guna mencapai tujuan kehidupan bersama suatu bangsa atau Negara. Kapitalisme merupakan sebuah ideologi terbesar dan terkuat saat ini, paham kapitalisme telah tersebar ke seluruh dunia. Ideologi ini telah masuk ke berbagai aspek kehidupan, seperti politik dan ekonomi yang kemudian menjadi sebuah teori dan sistem bagi dua aspek tersebut. Kekuatan dan kebesaran sistem kapitalis tak lepas dari kemenangan Amerika sebagai pemenang perang dunia II, kekuatan politik Amerika yang bercorak kapitalis telah mempengaruhi corak sistem politik dan ekonomi dunia. Untuk lebih jelasnya penulis akan mengupas secara ringkas sistem kapitalis seputar definisi, karakteristik dan kelemahannya.

  1. Definisi Sistem Ekonomi Kapitalis

                             Sistem Ekonomi Kapitalis adalah system ekonomi yang aset – aset produktif dan atau factor – factor produksinya sebagian besar di miliki oleh sector indifidu atau swasta.

Ada dua ekonomi kapitalis yaitu:

  1. Kapitalis awal

Kapitalis awal merupakan system kapitalisme pada abad ke–17 sampai sekitar menjelang atau awal abad ke-20. Kapitalisme berkembang subur di Negara – Negara Anglo Saxon. Nilai – nilai yang paling dalam kapitalisme awal adalah individualism, kemajuan material, dan rasionalitas Nilai – nilai sangat terlihat dalam ajaran Adam Smith tentang mekanisme pasar, menurutnya, tersedianya apa yang kita butuhkan bukanlah karena kebutuhan orang lain yang memperhatikan nasib sesamanya, tetapi justru karena ambisi dan keserakahan pribadi. Orang memproduksi baju bukan karena orang lain yang kedinginan, karena dengan menjual bajulah dia memperoleh keuntungan.

  1. Kapitalis modern

Kapitalis modern merupakan system ekonomi kapitalis yang telah di sempurnakan. Beberpa unsure penyempurnaan yang paling mencolok adalah diterimanya peran pemerintah dalam pengelolaan perekonomian. Pentingnya peranan pemerintah terutama sebagai wasit yang mengawasi jalanya bisnis.

  1. Karakteristik Sistem Ekonomi Kapitalis
  2. Kepemilikan.

             Sebagaimana definisi di atas, kapitalisme dibangun atas kepemilikan individu, kepemilikan individu ini diakui dan dijaga oleh undang – undang. Setiap individu memiliki kebebasan menggunakan apa yang dimilikinya selama tidak bertentangan dengan undang-undang.

  1. Keuntungan.

             Keuntungan adalah factor utama dalam menambah produksi, dan penggerak utama dalam setiap keputusan yang diambil oleh para pengusaha. Setiap pengusaha dalam sistem kapitalis bebas melakukan kegiatan ekonominya sesuai dengan yang ia inginkan dan sesuai dengan maslahatnya tanpa melihat maslahat umum yang ada di sekitarnya.

  1.  Siyadatul mustahlik (kekuasan konsumen)

            Maksud dari siyadatul mustahlik adalah jumlah produksi barang ditentukan dengan tingkat konsumsi dari konsumen atau selera pasar.

 

Sumber :

https://rakyatlampung.co.id/