Instalasi PHP dengan Apache2triad

Instalasi PHP dengan Apache2triad

Instalasi PHP dengan Apache2triad

Instalasi PHP dengan Apache2triad
Instalasi PHP dengan Apache2triad

Untuk dapat membuat website dengan dukungan database, Anda dapat menggunakan program gratis yang saat ini cukup popular, yaitu PHP, Sedangkan database yang dapat digunakan adalah MySQL.

Keduanya, PHP dan MuSQL, bisa anda dapatkan secara paket dalam satu aplikasi, yaitu Apache2Triad. Versi terbaru saat ini adalah versi 1.5.4 Paket PHP tersebut sudah mendukung PHP 5, MySQL 5 dan Apache2 serta phpMyadmin yang akan digunakan sebagai Tools pembuatan database.

Jadi, sekali menginstall paket lengkap dari Apache2Triad, Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas pendukung sebagai berikut :

  1. Webserver        : Apache2
  2. Programming     : PHP, Perl, dan Python
  3. Database           : MySQL dan PostgreSQL Server
  4. Tools Database  : phpMyAdmin, pgMyAdmin

Menginstall Apache2Triad

Apache2Triad adalah paket program web (Web Programming) lengkap yang dapat digunakan secara gratis dan legal. Untuk mendapatkan paket Installernya, anda dapat mendownload pada situs resminya. Untuk pengguna Windows XP, ikuti langkah – langkah berikut untuk memulai melakukan instalasi.

  1. Klik dua kali jika folder tersebut dalam format exe dan bertuliskan apache2triad.1.5.4.exe
  2. Pada jendela installation option, hilangkan tanda centang pada salah satu tools atau komponen yang tidak akan disertakan. Misal anda tidak menginstall database PostgreSQL beserta ODBC-nya.
  3. Jika sudah, tekan tombol next.
  4. Pada jendela Installation Folder, pilih folder tujuan dari hasil instalasi. Pada kondisi standar, program akan terinstal pada folder C:\apache2triad
  5. Klik tombol Next
  6. Pada halaman Set Password, Masukkan Password pada kedua kotak yang tersedia (minimal 8 digit)
  7. Klik tombol Next
  8. Klik option “I Agree” untuk memulai instalasi.
  9. Tunggu selama instalasi berlangsung.
  10. Jika instalasi sudah selesai maka anda mendapatkan jendela konfirmasi. Klik tombol OK untuk melanjutkannya.
  11. Saat mendapatkan halaman konfirmasi “Enter the password for apache2triad:”, tekan saja tombol enter jika tidak ingin memasang password
  12. Klik tombol OK lagi sudah mendapatkan jendela konfirmasi sukses. Maka komputer akan melakukan restart secara otomatis.

Sumber : https://dolanyok.com/seva-mobil-bekas/