Indikator Pembentukan Kesiapan Belajar

  1. Indikator Pembentukan Kesiapan Belajar

Untuk menunjang kesiapan belajar seseorang, ada beberapa indikator yang

mempengaruhinya, yaitu[13]:

  • Dari sudut siswa dapat dilihat dari:
  • Keinginan, keberanian menampilkan minat, kebutuhan, dan permasalahannya.
  • Keinginan dan keberanian serta kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan persiapan, proses, dan kejutan belajar.
  • Penampilan sebagai usaha/kekreatifan belajar dalam menjalani dan menyelesaikan kegiatan belajar-mengajar sampai mencapai keberhasilannya.
  • Kebebasan atau keleluasaan melakukan hal tersebut di atas tanpa tekanan guru/pihak lainnya (kemandirian belajar).
  • Dilihat dari sudut guru, tampak adanya:
  • Usaha mendorong, membina gairah belajar dan partisipasi siswa secara aktif.
  • Peranan guru tidak mendominasi kegiatan proses belajar siswa.
  • Memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar menurut cara dan keadaan masing-masing.
  • Menggunakan berbagai jenis metode mengajar serta pendekatan multi media.
  • Dari sudut program, hendaknya:
  • Tujuan interaksional serta konsep maupun isi pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, minat, serta kemampuan subjek didik.
  • Program cukup jelas dimengerti siswa dan menentang siswa untuk melakukan kegiatan belajar.
  • Bahan pelajaran mengandung fakta/informasi, konsep, prinsip, dan keterampilan.

  • Dari situasi belajar, tampak adanya:
  • Iklim hubungan intim dan erat antara guru dengan siswa, antara sisiwa dengan siswa, guru dengan guru, serta dengan unsur pimpinan di sekolah.
  • Gairah serta kegembiraan belajar siswa sehingga siswa memiliki motivasi yang kuat serta keleluasaan mengembangkan cara belajar masing-masing.
  • Dari sarana belajar, tampak adanya:
  • Sumber-sumber belajar bagi siswa.
  • Fleksibelitas waktu untuk melakukan kegiatan belajar.
  • Dukungan dari berbagai jenis media pengajaran.
  • Kegiatan belajar siswa tidak terbatas di dalam kelas tapi juga di luar kelas.

Dari berbagai indikator di atas, maka akan lebih mudah untuk menentukan titik kelemahan dan dan kemampuan serta kesiapan siswa dalam belajar.

https://ironmanfactory.com/folio-for-facebook-pro-apk/