Hemat Listrik Selama Musim Kemarau

Hemat Listrik Selama Musim Kemarau

Hemat Listrik Selama Musim Kemarau

Hemat Listrik Selama Musim Kemarau

BANDUNG – PLN Distribusi Jabar Banten (DJBB)

menghimbau masyarakat untuk menghemat energi pada beban puncak . Hal itu untuk mengantisipasi berukurangnya kemampuan pasokan listrik akibat pembangkit terancam kekeringan.

“Dengan berkurangnya kemampuan pembangkitan untuk memasok listrik, khususnya dari PLTA maka masyarakat konsumen PLN untuk menghemat energi pada beban puncak,” kata Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN DJBB Agung Murdifi di Bandung, Jumat.

Musim kemarau yang berlangsung cukup panjang tahun ini

mempengaruhi operasi beberapa Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA). Hal ini menyebabkan berkurangnya pasokan listrik dari beberapa pusat pembangkit.

Di Jawa Bali yang telah tersambung menjadi satu sistem kelistrikan, pada waktu beban puncak (18.00 – 22.00 waktu setempat) mengalami kekurangan pasokan. Sehingga terpaksa dilakukan pemadaman di beberapa lokasi secara bergilir maksimal selama tiga jam setiap kali padam supaya tidak terlalu mengganggu aktifitas pelanggan.

Di wilayah Jawa Barat Banten sendiri beban puncak malam sekitar 8027 MW.

Namun dengan berkurangnya kemampuan pembangkit untuk memasok listrik, beban di Jawa Barat dan Banten terpaksa dikurangi sekitar 530 MW.

“Angka ini kemudian dibagi berdasarkan prosentase besarnya beban di masing-masing area PLN DJBB. Adapun untuk wilayah Bandung dan sekitarnya mendapat kuota sekitar 40 MW,” kata Agung. jo

 

Baca Juga :