Harga Mini Cooper Bekas, Mobil Ikonik Kelas Dunia yang Menawan

Mini Cooper adalahsalah satu mobil trendi ruang belajar dunia yang menjadi idaman tidak sedikit orang. Mobil mungil ini sudah menjelma sebagai mobil premium ruang belajar atas. Desainnya yang mungil dan unik dapat membedakannya dari mobil-mobil mewah lainnya.

ada sejumlah seva mobil bekas model Mini Cooper yang dipasarkan di Indonesia. Setidaknya terdapat 5 model Mini Cooper yang dapat dipilih oleh konsumen di Indonesia, yakni tipe 3 pintu, 5 pintu, Countryman, Cabrio, Clubman, dan John Cooper Works. Semuanya ini terbalut dalam desain dan fitur premium khasnya yang pasti saja cocok dengan harga Mini Cooper yang premium.

Sir Alec Issigonis adalahsosok di balik rancangan Mini Cooper yang asli. Lahir pada 18 November 1906 di lingkungan family Yunani, Issigonis bermigrasi ke Inggris pada 1922.

Setelah menemukan gelar insinyur, Issigonis bergabung dengan Morris Motors di tahun 1936 sebagai perancang sistem suspensi. Pada tahun 1942, pihak Morris menyerahkan tanggung jawab untuk Issigonis untuk membina sebuah rancangan mobil yang baru. Mobil itu lahir pada 1948 dengan nama Morris Minor.

Dengan filosofi memaksimalkan ruang penumpang serta meminimalkan urusan lainnya, Morris Minor berhasil di pasaran sampai diproduksi sekitar 11 tahun. Issigonis sempat terbit dari Morris dan lantas bergabung lagi sesudah perusahaannya pulang menjadi British Motor Company (BMC).

Kelahiran Mini Cooper bermula pada tahun 1957, ketika Sir Alec Issigonis diminta guna menggambar mobil yang paling kohesif dan hemat bahan bakar. Saat tersebut Sir Alec sedang santap siang dan melulu tersedia pensil dan tisu. Awalnya proyek mobil kecil itu dinamai ADO15, singkatan dari Austin Design Office proyek ke-15 sebelum diganti menjadi Mini.

Setelah prototype kesatu jadi dua bulan kemudian, pembalap mempunyai nama John Cooper menolong dalam pengembangan karya Issigonis tersebut.

Dari gambar itulah jadi sketsa mobil Mini Cooper klasik yang dicetuskan pada 1959. Dari total semua ruangan pada mobil itu, 80 persennya guna penumpang dan 20 persennya ialah untuk mesin.

Pada mula perkembangannya, mobil Mini memakai penggerak roda depan yang posisinya melintang, sampai-sampai penggagas mesin penggerak roda depan ialah Mini. Sejak itulah Mini lumayan populer. Morris Mini pun hebat ketika dikemudikan John Cooper meraih kemenangan dalam Reli Monte Carlo.

Mini Cooper meraih kesuksesan di pasaran. Issigonis sempat menjadi saksi pada ketika hasil karyanya terjual sejumlah lima juta unit sebelum kesudahannya ia meninggal pada 1988.

Diambil Alih BMW
Perusahaan yang menaungi buatan mobil ini sering berganti tangan. Hingga akhirnya buatan Mini Cooper dipungut alih oleh BMW pada tahun 1994 hingga sekarang.

Di bawah naungan BMW, tidak heran andai semua mobil Mini Cooper bahkan yang termurah juga mempunyai tenaga tambahan untuk mobil seukurannya. Bagi tipe termurahnya, Mini Cooper saja telah mempunyai top speed 210 km/jam yang mampu dijangkau berkat mesin 1.5L 3-silinder twin turbonya, satu urusan yang dapat dibilang menjustifikasi harga Mini Cooper yang premium.

Bahkan, mobil ikonik asal Inggris ini bakal segera menerbitkan versi Mini Cooper Sporty. MINI John Cooper Works GP dijamin akan meluncur semua tahun 2020 mendatang. Sebelumnya, versi konsep mobil ini sudah diperkenalkan pada September 2017 lalu.

Sama laksana pendahulunya yang diluncurkan pada 2006 dan 2012, jumlah MINI JCW GP 2020 ini tak bakal banyak. Mengutip dari Paultan.org, versi sporty dari MINI Cooper F56 tersebut maksimal diproduksi sejumlah 3.000 unit.

Harga Mini Cooper Bekas

Meski berukuran kecil, harga Mini Cooper termasuk premium. Harga Mini Cooper setara dengan mobil sedan mewah lainnya. Harga Mini Cooper termurah sedang di harga Rp 560 juta, pasti segala yang dikemas di mobil ini dijamin bukan main-main.

Harga Mini Cooper baru yang lumayan tinggi dapat jadi dalil sebagian orang memilih untuk menggali mobil ini dalam versi bekas.

Harga Mini Cooper seva mobil bekas sendiri layaknya kendaraan bermotor yang beda bervariasi tergantung tipe, varian warna, tahun, serta lokasi. Dari hasil rangkuman Otosia, harga Mini Cooper bekas jatuh pada kisaran harga Rp 310-950 juta tergantung dari tipe, varian warna, tahun, serta lokasi.

Harga termurah jatuh pada Mini Cooper dari tahun-tahun di bawah 2010 dan pada harga tertinggi jatuh pada jajaran Mini Cooper dengan tipe yang sangat tinggi dan baru berumur maksimal 1 tahun.

Pada tahun 2019 ini, sudah tidak sedikit ditawarkan Mini Cooper bekas berumur satu tahun. Jika kita berniat melakukan pembelian Mini Cooper yang masih berumur satu tahun, maka Anda dapat mendapatkannya dengan harga yang telah tentu di bawah harga barunya.

Dengan tidak sedikit pilihan yang terdapat di pasaran, Anda dapat menemukan harga Mini Cooper bekas keluaran 2018 yang cocok dengan perkiraan Anda.

Sumber :