Definisi Papan Iklan : Fungsi umum, Kekuatan dan Kelemahannya

Definisi papan iklan

Apa itu billboard? Secara umum, pengertian billboard adalah bentuk iklan promosi atau poster luar ruang (outdoor advertising) yang cukup besar dan diposisikan di posisi tinggi.

Pendapat lain menyatakan bahwa arti dari papan iklan adalah papan iklan besar yang berisi data atau tulisan yang berisi informasi, apakah itu pengumuman, publisitas, atau promosi produk tertentu. Secara umum, baliho ditempatkan di daerah yang ramai orang dan dipasang dengan dimensi yang agak besar dan besar.

Baliho umumnya berbentuk persegi dan dibuat dari kayu, logam, fiberglass, kain, kaca, plastik, atau bahan lainnya. Pemasangan baliho biasanya independen, yaitu dengan konstruksi tetap. Namun, ada juga baliho yang dipasang di bangunan lain, misalnya di atas toko.

 

Fungsi umum dari papan iklan

Secara umum, fungsi papan iklan adalah sarana informasi untuk menyampaikan pesan tertentu kepada publik. Fungsi papan iklan adalah sebagai berikut:

Sebagai dukungan promosi dipasang di luar ruangan sehingga bisa dilihat oleh publik.
Sebagai media iklan untuk meningkatkan penjualan suatu produk.
Sebagai cara merek suatu produk atau merek.
Sebagai sarana menyampaikan informasi singkat kepada publik.
Baca juga: Memahami papan iklan

Fitur billboard

Papan iklan memiliki beberapa fitur khusus yang membedakannya dari media lain. Fitur billboard adalah sebagai berikut:

Baliho besar dengan rasio tinggi ke lebar 2: 3.
Penggunaan warna pada papan iklan umumnya menggunakan warna yang kontras, sehingga lebih mudah untuk dilihat dan dibaca.
Surat dan ilustrasi pada papan iklan diperbesar sehingga dapat dilihat dan dibaca oleh publik secara acak.
Biasanya papan reklame ditempatkan di area yang sering dikecualikan, misalnya di pertigaan atau di persimpangan jalan utama.

Kekuatan dan kelemahan papan reklame

Seperti media lainnya, bahkan papan reklame memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan papan reklame:

1. Keuntungan dari baliho
Dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dengan cara yang singkat dan jelas.
Papan iklan adalah sarana komunikasi dan informasi yang dapat menjangkau daerah-daerah setempat.
Papan iklan adalah sarana informasi yang efektif dan tertarget untuk jenis publik tertentu jika ditempatkan di area yang tepat.
2. Kurangnya papan iklan
Karena ukurannya yang agak besar, papan reklame membutuhkan area yang cukup besar untuk pemasangan.
Karena berada di luar ruangan, kondisi fisik papan iklan dapat cepat rusak jika sering terjadi perubahan iklim.
Informasi tentang papan iklan tidak terlihat jika dipasang di area tertentu di mana pejalan kaki dan pengemudi jarang berjalan cepat.
Baca juga: Memahami media

Demikian penjelasan singkat tentang makna billboard, fitur, fitur, serta kelebihan dan kekurangan pemasaran billboard. Semoga artikel ini bermanfaat dan memperluas wawasan Anda.

Sumber : Rumus Guru