Cerita Rakyat Ande – Ande Lumut

Cerita Rakyat Ande – Ande Lumut

Berikut ini adalah cerita rakyat Ande – ande lumut yang dapat menjadi referensi untuk bahan cerita anda. Alkisah terdapat kerajaan bernama Kerajaan Kahuripan. Kerajaan tersebut terbagi atas dua yaitu Kerajaan Kediri dan Kerajaan Jenggala. Kedua kerajaan tersebut akhirnya bersatu kembali sesuai dengan permintaan sang raja.

Namun, kepuusan untuk menikahkan Pangeran Raden Panji dan Putri Sekartaji ditentang oleh ibu tirinya. Lalu ibu tirinya merencanakan untuk menyembunyikan Putri Sekartaji dan ibu kandungnya.

Suatu hari Pangeran datang dan ingin menikahi Sekartaji namun ia tidak ada. Dengan segera ibu tirinya meminta untuk menikah dengan anaknya Indah Sari. Namunsaat itu juga pangeran menolaknya dan akhirnya ia mencari sang putri.

Pangeran tersebut diangkat menjadi anak oleh mbok rondo dan kini ia bernama anmde – ande lumut. Suatu hari ia meminta ibunya untuk mengabarkan bahwa dia ingin mencari istri. Kabar tersebut telah menyebar hingga ketelingan putri yang saat ini juga mengembara dan menjadi kleting kuning.

Setelah sampai di tempat tujuan ketiga kleting itu langsung ditolak olerh ande – ande lmut karena mereka telah dicium oleh yuyu kakang yang telah membantu mereka menyeberangi sungai.

Sementara itu setelah selesai mengerjakan pekerjaan rumah kini klething kuning menyusul ketiga kakaknya untuk bertemu dengan ande – ande lumut. Saat sampai di sungai ia pun juga kebingungan untuk menyeberang. Akhirnya, yuyu kakang datang dan membantunya menyeberangi sungai tersebut.

Saat yuyu kakang menagih janji, klething kuning mengolesi pipinya dengan kotoran ayam lalu yuyu kakang tidak mau mencium dan menyuruhnya untuk segera pergi. Lalu sampailah klething kuning di kediaman ande – ande lumut. Kedatangannya disambut bahagia oleh ande – ande lumut.

Semua orang heran mengapa ande – ande lumut memilih seorang wanita yang kumal dan bau. Mbok Randa pun bingung. Begitu juga dengan klething kuning yang melihat ande – ande lumut itulah tunangannya yang selama ini dia cari.

Saat itu, ia langsung mengubah dirinya menjadi sosok wanita yang cantik. Ketiga kakaknya pun terkejut abhwa selama ini yang mereka perlakukan tidak baik itu adalah putri sekartaji. Tak lama kemudian ande – ande lumut pun mengubah dirinya menjadi pangeran Panji. Setelah itu mereka hidup bahagia.

Cerita rakyat lutung kasarung, cerita rakyat alue naga, cerita rakyat rawa pening, cerita rakyat sangkuriang, cerita rakyat roro jonggrang, cerita rakyat malin kundang, cerita rakyat danau toba, cerita rakyat timus mas, bawang merah bawang putih, batu menangis, keong mas, ande ande lumut, dll.

Baca Juga :